LKPJ Bupati Kepahiang 2017 “Banjir” Catatan, Apa Saja?

Mei 2, 2018
Birokrasi Featured 0   213 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Laporan Kinerja Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kepahiang tahun anggaran 2017 mendapat sejumlah rekomendasi atau catatan dari DPRD Kepahiang. Penyampaian rekomendasi ini disampaikan oleh juru bicara DPRD Kepahiang Edwar Samsi pada sidang paripurna DPRD Kepahiang, Rabu (02/05/2018).

“DPRD Kabupaten Kepahiang menyampaikan beberapa rekomendasi berupa catatan-catatan strategis, berupa saran, masukan atau koreksi terhadap penyelenggara urusan pemerintahan sebagai bahan untuk penyempurnaan kedepan,” ucap Edwar mengawali pembacaan rekomendasi.

Rekomendasi pertama, Edwar menyebut gambaran kondisi geografis daerah sudah menyantumkan batas-batas wilayah, namun beberapa wilayah masih dalam sengketa batas wilayah.

“Sebelum terjadi sengketa harap untuk diselesaikan,” kata Edwar.

Kedua, sambungnya, dalam kondisi perekonomian daerah, DPRD meminta eksekutif untuk menyampaikan data sesuai tahun LKPJ itu dijalankan, yakni tahun 2017.

“Data yang disampaikan adalah tahun 2015, sedangkan LKPJ ini tahun 2017. Diharapkan dapat melakukan pemutakhiran data. Bupati juga kami harapkan memancing investasi di Kabupaten Kepahiang dan perencanaan investasi untuk tahun-tahun berikutnya,” sarannya.

Sidang paripurna DPRD dengan agenda pembacaan rekomendasi DPRD terhadap LLKPJ bupati hanya dihadiri 13 anggota DPRD | Foto: Amin/PROGRES.ID

DPRD juga menyoroti pertumbuhan ekonomi yang dipaparkan pada dokumen LKPJ halaman 15. Sama halnya dengan rekomendasi kedua, DPRD meminta bupati tidak memaparkan data pertumbuhan ekonomi tahun 2012.

“Untuk dapat menggunakan data tahun 2017, agar data itu dapat dijadikan acuan untuk tahun berikutnya,” imbuhnya.

Rekomendasi selanjutnya, sambung Edwar, DPRD menyoroti realisasi program atau kegiatan di Dinas Dikbud, Dinkes, Sekretariat Daerah, Diskominfo Santik dan Inspektorat yang sudah dianggarkan berbagai kegiatan, namun tak terserap maksimal.

“Agar pada perencanaan bupati bisa mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan realisasi anggaran tahun ini,” sampainya.

Selain rekomendasi-rekomendasi tersebut, DPRD juga menyoroti sejumlah permasalahan yang harus menjadi bahan evaluasi bupati.(pid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.