“Mana ada lagi yang berlantai tanah, malah tak tersalurkan nanti bantuannya”

Mei 6, 2020
Berita Utama Humaniora Sosial 0   485 views 0
Hidayattullah Sjahid

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepahiang Dr. Ir Hidayattullah Sjahid saat memberikan arahan pada rapat evaluasi Gugu Tugas (Foto: Dok. Ardi/DPRD Kepahiang/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bupati Kepahiang sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kepahiang Hidayattullah Sjahid menegaskan bahwa 14 kriteria penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tidak bisa diterapkan. Kriteria itu sudah sangat jarang dan sulit ditemukan pada masa ini dan jika mematuhi kriteria itu, maka bantuan justru tidak tersalurkan.

“Mana ada lagi yang berlantai tanah, malah tak tersalurkan nanti bantuannya,” ucap Bupati Hidayat pada rapat evaluasi Gugus Tugas Covid-19 di teras Kantor Bupati Kepahiang, Rabu (06/05/2020).

Menurutnya, 14 kriteria yang sempat disebutkan sebelumnya dalam Peraturan Menteri Desa PDTT tidak dapat menjadi pedoman.

“Coba cari saja, paling cuma ada dua tiga orang yang rumahnya lantai tanah, ukuran rumah 8 meter, berdinding bambu. Mana ada lagi! Susah kalau kriteria yang 14 itu diterapkan, nggak bisa tersalur nanti,” sambungnya.

Hidayat menambahkan, yang berhak menerima bantuan harus didata secara detail dan tidak boleh ada unsur tekanan, kekerabatan atau unsur lain yang tidak menunjukkan integritas.

“Makanya yang diminta datanya itu Kades, Ketua RT, Kadus, karena mereka yang lebih tahu wilayahnya, siapa yang benar-benar berhak menerima,” tambah Hidayat.

Ia juga meminta Kades berintegritas dan tidak boleh mementingkan kepentingan pribadi atau tunduk dengan tekanan orang lain.

“Kades harus berintegritas, jangan mau tunduk dengan tekanan orang lain, data harus valid, by name, by address, by NIK. Karena tidak bisa diadministrasikan kalau tidak punya itu,” sampainya.

Untuk diketahui, Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) saat ini sudah menerbitkan surat  Nomor : 12/PRI.00/IV/2020 tertanggal 27 April 2020, terkait Penegasan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), sehingga 14 kriteria calon penerima sebelumnya tidak berlaku lagi.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.