Menteri Eko Berikan Bantuan Miliaran Rupiah Hingga Minta Bupati Kepahiang Dorong Prukades

Maret 13, 2019
Birokrasi Featured 0   1.2K views 0
Menteri Eko di Tebat Monok

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo didampingi Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid dan Kades Tebat Monok Padilah Sandi meresmikan Gedung Serba Guna Kuto Aur di Desa Tebat Monok (Foto: Diskominfo/PROGRES KEPAHIANG)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo memberikan bantuan bernilai miliaran Rupiah untuk sejumlah desa di Kabupaten Kepahiang. Ia pun juga meminta Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid dapat mendorong Pemerintah Desa (Pemdes) untuk serius menggarap Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades).

“Saya bisa pertemukan nanti Pak Bupati dengan Kementerian Pertanian, nanti kita lihat (Kementan) bisa bantu apa. Terus soal rest area saya bisa temukan dengan Kemenpar (Kementerian Pariwisata),” ungkap Menteri Eko dalam acara Sosialisasi Penggunaan dan Pengawasan Dana Desa di Kepahiang, Rabu (13/03/2019).

Menteri Eko memberikan bantuan senilai Rp 500 Juta untuk 10 desa di Kepahiang, masing-masing mendapat Rp 50 juta. 10 Desa itu adalah Desa Tugu Rejo, Sumber Sari, Suro Muncar, Sukamerindu, Tebat Monok, Suka Sari, Tangsi Duren, Bandung Jaya, Talang Babatan dan Talang Tige. Bantuan Rp 500 juta itu adalah bantuan pengembangan program Permodalan Usaha BUMDes.

Bantuan lainnya dari Kementerian PDTT, yakni bantuan Revitalisasi Pasar Desa. Bantuan ini di berikan untuk dua desa di Kepahiang, yaitu Desa Batu Kalung dan Cinto Mandi. Dana Revitalisasi Pasar Desa ini senilai total Rp 340 Juta.

Kemudian, bantuan senilai Rp 3 Miliar diberikan kepada 2 desa untuk merealisasikan program Pilot Inkubasi Inovasi Desa dan Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL). Dua desa yang dipercaya menjalankan program ini adalah Desa Bandung Jaya dan Desa Suka Sari. Tak hanya itu, bantuan ratusan juta lainnya juga diberikan Menteri Eko pada kesempatannya ke Kepahiang untuk kesekian kalinya itu.

Bupati Hidayattullah Sjahid berharap, semua desa yang mendapatkan bantuan tersebut dapat menjalan programnya dengan baik.

“Program-program tersebut akan mendorong desa lebih mandiri dan maju serta dapat menciptakan desa yang makin kreatif,” ujar Hidayat.(pid/koe)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.