Meski Masa Jabatan Hingga 2024, Bupati Sampaikan Raperda RPJMD 2021-2026

Juli 5, 2021
Berita Utama 0   165 views 0
Raperda RPJMD

Bupati Kepahiang Dr. Ir Hidayattullah Sjahid, MM menyerahkan dokumen Raperda RPJMD 2021-2026 kepada Ketua DPRD Windra Purnawan, SP yang didampingi unsur pimpinan DPRD, FKPD dan Kepala OPD (Foto: Ardi/Humas DPRD/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid menyampaikan Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kepahiang 2021-2026 dalam rapat paripurna DPRD yang digelar di ruang sidang utama kantor DPRD Kabupaten Kepahiang, Senin (05/07/2021).

Bupati Hidayatullah Sjahid mengatakan, RPJMD merupakan penjabaran dari visi dan misi serta program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan pembangunan serta keuangan daerah untuk jangka waktu 5 tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD dan RPJMN.

“Visi Bupati dan Wakil Bupati 2021-2024 adalah maju, mandiri, sejahtera dan berdaya saing dengan misi antara lain mengembangkan SDM yang sehat, cerdas terampil dan produktif yang dilandasi nilai keimanan dan ketakwaan, meningkatkan efektifitas daerah dalam reformasi birokrasi, peningkatan ketersediaan dan kualitas infrastruktur, pengembangan perekonomian yang berdaya saing dan ekonomi kerakyatan serta peningkatan pendapatan asli daerah,” ucap Bupati Hidayat.

Ia juga menerangkan, rancangan RPJMD disusun melalui pendekatan perencanaan yang telah diamanatkan oleh Undang-undang nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, yang meliputi pendekatan secara teknokratik dengan bimbingan Bappenas, pendekatan partisipatif melalui forum konsultasi publik, pendekatan perencanaan melalui proses politik dengan DPRD melalui kesepakatan Ranwal RPJMD dan pendekatan melalui proses top down dan bottom up melalui Musrenbang RPJMD.

Bupati Hidayat juga berujar, melalui tahapan-tahapan tersebut visi misi Bupati dan Wakil Bupati dirumuskan menjadi 7 tujuan pembangunan, 9 sasaran pembangunan, 21 indikator capaian pembangunan, 14  strategi pembangunan, 33 arah kebijakan pembangunan dan 11 program prioritas pembangunan daerah yang meliputi peningkatan kualitas SDM, peningkatan pemberdayaan gender, perlindungan anak, pemuda dan olahraga, peningkatan pelayanan publik, peningkatan ketersediaan infrastruktur dasar dan strategis, peningkatan mitigasi bencana, pelestarian lingkungan hidup, UMKM, peningkatan investasi, kesempatan kerja dan Peningkatan pendapatan asli daerah.

“Proses perencanaan akan diturunkan menjadi dokumen rencana strategis dan arah kebijakan menjadi program dan kegiatan di OPD,” pungkas Bupati Hidayat.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepahiang Windra Purnawan mengatakan, Rancangan Perda RPJMD akan dipelajari oleh setiap anggota DPRD secara mendalam dalam bentuk memberikan tanggapan, koreksi maupun saran dan masukan.

“Masukan atau saran serta koreksi akan disampaikan dalam pandangan umum fraksi-fraksi DPRD. Paripurna pandangan umum fraksi telah dijadwalkan Banmus pada Rabu (07/07/2021),” ungkap Windra Purnawan yang juga didampingi Wakil Ketua II M Thobari Muad dan dihadiri 18 Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang.(rls/red)

Jaga Cagar Budaya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.