MK Minta Komisioner KPU Kabupaten 5 Orang, Jika Tak Tes Ulang 2 Kandidat Ini Berpeluang

Juli 24, 2018
Birokrasi Featured 1   601 views 0
Komisioner KPU Kepahiang

Komisioner KPU Kepahiang Periode 2018-2023 | Foto: Dok. Prbadi Ikrok/PROGRES KEPAHIANG

PROGRES.ID, KEPAHIANG – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan jumlah komisioner KPU kabupaten/kota tetap 5 orang atau tidak berkurang menjadi 3 orang. Demikian ditegaskan hakim konstitusi Suhartoyo saat membacakan pertimbangan Mahkamah di Gedung Mahkamah Konstitusi RI, Senin (23/7/2018) seperti dikutip dari TribunNews.com.

“Penjelasan Pasal 10 Ayat (1) Huruf c UU Pemilu menjelaskan dasar perhitungan jumlah anggota KPU kabupaten/kota hanya dapat dinilai konstitusional sepanjang dimaknai lima orang,” Suhartoyo membacakan putusan.

Senada, Ketua MK Anwar Usman juga dalam sidang putusan menegaskan jika Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat secara bersyarat sepanjang tidak dimaknai 5 orang.

“Frasa ‘3 (tiga) atau 5 (lima) orang’ dalam Pasal 10 ayat (1) huruf c Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat secara bersyarat sepanjang tidak dimaknai ‘5 (lima) orang’,” kata Anwar Usman dilansir dari CNN Indonesia.

Dalam putusan MK ini, tak hanya komisioner KPU kabupaten/kota, Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) juga diminta dikembalikan 5 orang.

Jika kemudian KPU RI memutuskan tidak melakukan seleksi ulang atau mengambil anggota tambahan berdasarkan ranking dari seleksi anggota KPU Kabupaten sebelumnya, maka kandidat yang berpeluang menjadi komisioner KPU Kepahiang penambahan adalah Syamsul Komar dan Helmiyensi. Keduanya berada di rangking ke 4 dan 5 saat penetapan anggota KPU berdasarkan pengumuman Komisi Pemilihan Umum Nomor 588/PP.06-Pu/05/KPU/VI/2018 tentang Penetapan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten /Kota Periode 2018-2023 tanggal 16 Juni 2018.

Namun, peluang ini akan berbeda jika KPU RI memutuskan membentuk tim seleksi baru untuk penambahan 2 anggota KPU kabupaten/kota yang baru.(pid)

 

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.