Musrenbang Kecamatan Merigi, Bappeda Paparkan 4 Program Prioritas Daerah

Maret 4, 2021
Berita Utama Birokrasi 0   340 views 0
Feri Irawan

Plt Kepala Bappeda Feri Irawan menyampaikan laporan Musrebangcam Merigi (Foto: Humas DPRD/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepahiang Feri Irawan memaparkan empat program prioritas daerah. Ini disampaikannya pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Merigi yang digelar di aula Kantor Camat Merigi,Rabu (03/03/2021).

“Jadi ada empat program prioritas daerah, diantaranya peningkatan kualitas SDM, mewujudkan tata kelola pemerintahan dan birokrasi yang efektif dan efisien. Kemudian pemenuhan infrastruktur pelayanan dasar dan infrastruktur strategis berkelanjutan, serta pemulihan ekonomi berbasis Sumber Daya Alam (SDA),” papar Feri.

Feri menuturkan, dengan  empat program prioritas tersebut, sehingga tema yang diangkat pada Musrenbangcam di Merigi adalah ‘Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Optimalisasi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia’.

Musrenbangcam Merigi

Peserta Musrenbangcam Merigi tampak serius mengikuti acara (Foto: Humas DPRD/PROGRES.ID)

“Supaya selaras dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang telah dimaksudkan dalam rangka penetapan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kepahiang tahun 2022,” jelasnya.

Ia juga berujar, untuk mengaplikasikan empat program prioritas itu, Pemkab Kepahiang harus memaksimalkan APBD yang bersumber dari DAU, DAK serta pendapatan lainnya.

“Empat Program prioritas dimaksud didasarkan pada kerangka logis pengalokasian Dana Alokasi Umum dari Pemerintah Pusat, tentunya dengan mempertimbangkan ruang kebijakan fiskal antarkabupaten. Karena kalau kita bicara Musrenbang selalu berhadapan dengan keterbatasan anggaran,” ungkapnya.

Terkait pertimbangan ruang kebijakan fiskal antarkabupaten, menurut Feri, akan berhubungan terhadap lima variabel pengukur bagi Pemerintah Pusat. Variabel ini penting untuk pengalokasian DAU bagi masing-masing kabupaten. Diantaranya, luas wilayah, jumlah penduduk, indeks kemahalan konstruksi, indeks pembangunan manusia dan pendapatan domestik bruto.

“Dari lima variabel ini, kita memiliki dua variabel dalam rangka peningkatan porsi pengalokasian DAU bagi kabupaten Kepahiang. Yaitu perolehan insentif daerah, syaratnya kecermatan dan ketepatan waktu dalam perencanaan dan penetapan penganggaran serta opini pengelolaan keuangan daerah (WTP),” ujar Feri.

Hadir pada kegiatan Musrenbang ini, Wakil Bupati Kepahiang H. Zurdi Nata, Wakil Ketua II DPRD H.M. Thobari Mu’ad, Asisten Setda, Kepala OPD, Plt. Camat Kecamatan Merigi, Lurah dan Kades se-Kecamatan Merigi, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta tokoh masyarakat dan tokoh perempuan. (rls/red)

Iklan: ayo ke kepahiang provinsi bengkulu



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.