Netti Akui Ambil Formulir Cabup PDI-P di DPD, Begini Penjelasan Ketua DPC PDI-P Edwar Samsi

Oktober 10, 2019
Berita Utama Politik 0   243 views 0
Sekretariat PDI Perjuangan

Ketua DPC PDI Perjuangan Edwar Samsi menyampaikan sambutan pada acara pengembalian formulir balon kada serentak di Sekretariat PDI Perjuangan Kepahiang (Foto: Amin/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bakal calon Bupati Kepahiang Netti Herawati mengaku sudah mengambil formulir pendaftaran bakal calon Bupati Kepahiang di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu. Ia mengambil di DPD PDI Perjuangan lantaran di DPC PDI-P Kepahiang sudah tutup pada tanggal 19 September 2019.

“Tidak unprosedural, ini diperbolehkan dalam aturan partai. Di DPC memang sudah tutup sejak 19 September dan DPC komitmen dengan aturan itu. Soal Ibu Netti mengambil formulir di DPD, itu boleh, makanya DPD memberikan,” terang Edwar kepada Progres.ID via ponsel, Kamis (10/10/2019).

Edwar menuturkan, waktu dan jenjang penerimaan yang dilakukan tim pejaringan di tingkat DPC PDI Perjuangan telah sesuai mekanisme yang diatur oleh PDI Perjuangan.

“Setelah waktu pendaftaran berakhir tanggal 19 September. Kami menjadwalkan pengembalian serentak yang waktu itu tanggal 23 September. Kemudian, semua berkas kami sampaikan ke DPD. Nah, kemudian pada tingkat DPD ada yang mendaftar, itu sah dan dibenarkan dalam aturan partai,” tuturnya.

Ia berujar, seperti pendaftaran calon legislatif (caleg), bakal caleg diperbolehkan mengambil formulir di DPC maupun di DPD.

“Sama seperti Pileg kemarin, bakal caleg boleh saja mau mendaftar via DPC atau DPD, tapi prosesnya tetap ke masing-masing sesuai kewenangan wilayahnya,” ujar Edwar.

Terkait formulir yang sudah diambil oleh Netti Herawati, Edwar menambahkan, Netti diperbolehkan mengembalikanya melalui DPC PDI Perjuangan Kepahiang atau langsung ke DPD PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu.

“Nanti pas mau mengembalikan formulir, itu bisa lewat DPC atau langsung ke DPD, bisa semua,” terang Edwar.

Netti Herawati

Netti Herawati mengambil formulir bakal calon bupati Kepahiang di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu (Foto: Dok. PDI-P/PROGRES.ID)

Sebelumnya, saat diwawancarai di Sekretariat DPD II Partai Golkar Kepahiang, Netti Herawati mengaku telah mengambil formulir bakal cabup di DPD PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu.

“PDI-P sudah. Tapi kita (mendaftar) di DPD, kan di sini (DPC PDI-P Kepahiang) sudah tutup. Tidak melanggar aturan sebenarnya, ini diperbolehkan,” jelas Netti.(koe)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.