PDI-P dan PKB Akui Sudah Bertemu Gerindra Bahas Pilkada Kepahiang 2020

Mei 24, 2019
Berita Utama Politik 3   472 views 0

Ketua DPC PDI Perjuangan Edwar Samsi, S.IP, MM dan Ketua DPC PKB Kepahiang H. Zainal, S.Sos, M.Si (Foto: Amin/PROGRES KEPAHIANG)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kepahiang Edwar Samsi dan Pjs Ketua DPC PKB Kepahiang Zainal mengaku sudah berbincang dengan DPD Partai Gerindra Kepahiang terkait koalisi menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kepahiang 2020.

“Arah koalisi masih cair, PDI-P dan PKB kemungkinan masih bisa bersama mengusung calon bupati, dan masih ada peluang kita berkoalisi dengan parpol lain. Dengan Gerindra kita juga sudah komunikasi,” terang Edwar, Jumat (24/05/2019).

Edwar berujar, koalisi di daerah memang lebih fleksibel dibanding koalisi secara nasional. Bahkan, parpol yang berseberangan di tingkat nasional, di daerah justru berkoalisi dengan solid.

“PDI-P sangat mungkin berkoalisi dengan Gerindra di Kepahiang atau dengan parpol lain (oposisi di tingkat pusat). Di daerah arah koalisi lebih cair,” imbuhnya.

Sementara itu, Zainal menuturkan, sudah ada dua kali pertemuan antara PKB, PDI Perjuangan dan Gerindra.

“Kita sudah rapat dengan Gerindra dua kali. Yang jelas kita mau membangun koalisi gemuk, kita akan ajak parpol lain membicarakan kepentingan Kepahiang kedepan yang lebih baik,” ucap Zainal.

Untuk dapat mengusul Calon Bupati dan Wakil Bupati, setidaknya parpol atau gabungan parpol memiliki 5 kursi di parlemen. Diperkirakan, untuk periode 2019-2024, PKB Kepahiang memiliki 3 kursi, PDI Perjuangan 2 kursi dan Gerindra 2 kursi. Dengan memiliki 7 kursi, maka jika koalisi ini terwujud, sudah dapat mengusung cabup dan cawabup untuk mengikuti kontestasi Pilkada Kepahiang 2020.(pid)



3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.