Pelatihan Jurnalistik PWI Kepahiang: Belajar Jurnalistik Tak Harus Jadi Jurnalis

Oktober 13, 2018
Featured Pendidikan 0   113 views 0
Pelatihan jurnalistik

Plt Kepala Dinas Dikbud Dr Hartono M.Pd, Kepala SMPN 2 Kepahiang Edi Suwanto M.Pd dan Ketua PWI Kepahiang Heru Pramana Putra SE bersama pengurus PWI Kepahiang berfoto bersama dengan para peserta pelatihan jurnalistik (Foto: Dok. PWI Kepahiang)

PROGRES.ID, KEPAHIANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kepahiang menggelar pelatihan jurnalistik bagi pelajar se-Kabupaten Kepahiang. Ada lebih 100 peserta yang mengikuti pelatihan sekaligus sosialisasi Undang-Undang Pers yang digelar di aula SMP Negeri 2 Kepahiang, Sabtu (13/10/2018).

Pada acara yang dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepahiang Dr Hartono ini, slaah seorang narasumber dari PWI Kepahiang, Mukhtar Amin menjelaskan bahwa kemampuan jurnalistik tidak hanya untuk kepentingan menjadi jurnalis atau wartawan. Namun, ada banyak lembaga yang akan membutuhkan orang-orang yang mampu menulis untuk publikasi lembaga tersebut.

“Tidak melulu kemampuan jurnalis itu untuk orang yang berminat jadi jurnalis, tapi ada banyak lembaga yang butuh orang yang memiliki kemampuan jurnalistik,” ungkap Pemimpin Redaksi Progres.id ini.

Ia menyontohkan, di lingkungan pemerintah ada bidang kehumasan yang biasanya akan mempublikasi rilis kegiatan kepala daerah, menteri hingga kegiatan presiden dan wakil presiden.

“Pemerintah daerah punya humas, pegawai yang bekerja di humas biasanya ada seorang atau lebih yang diminta mampu menulis berita tentang kegiatan kepala daerah serta agenda penting OPD lainnya, di Kementerian juga demikian, ada PNS yang direkrut untuk kebutuhan publikasi kegiatan mereka,” ucap Mukhtar Amin.

Untuk diketahui, pelatihan ini selain dibuka oleh Plt Kadis Dikbud juga hadir Kepala SMP Negeri 2 Kepahiang yang menjadi tuan rumah acara ini. Ketua PWI Kabupaten Kepahiang Heru Pramana Putra pun juga secara khusus memberikan piagam penghargaan kepada SMPN 2 Kepahiang yang telah ikut menyukseskan pelatihan jurnalistik ini.(pid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.