Pemdes Lubuk Penyamun Berencana Jadikan Bekas Tambang Pasir Jadi Wisata Danau

Juni 11, 2016
Featured Wisata 1   303 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Penyamun Kecamatan Merigi menginisiasi pembangunan objek wisata baru di desa setempat. Objek wisata itu adalah danau bekas penambangan pasir.

Kepala Desa Lubuk Penyamun, Heryadi kepada PROGRES.id, Sabtu siang (11/06/2016) menuturkan bahwa usulan pembangunan objek wisata Danau Lubuk Penyamun sejatinya sudah lama digaungkan, namun hingga kini belum ada realisasi bantuan Pemkab Kepahiang, termasuk  dan wakil rakyat di DPRD Kepahiang dari dapil I.

“Rencana ini bukan hanya inisiatif Pemdes Lubuk Penyamun saja, melainkan juga keinginan warga di sini,” kata Heryadi.

Dikatakan Heryadi, Wakil Bupati Kepahiang Netty Herawati sempat mendatangi Desa Lubuk Penyamun dalam rangka kegiatan Safari Ramadhan 1437 H.

“Bu Wabup sempat bicara soal rencana pembangunan objek wisata danau Lubuk Penyamun ini. Ia mengatakan rencana itu disambut baik, Pemkab Kepahiang memang akan menggalakkan pariwisata,” terangnya.

Dari pernyataan Netty, kata Heryadi, Pemdes Lubuk Penyamun sedikit optimis Pemkab Kepahiang sedang memikirkan rencana tersebut.

”Soal ini, saya sudah sampaikan secara lisan ke anggota DPRD Dapil sini (Dapil I) termasuk kepada bupati melalui stafnya,” terangnya.

Menurut Heryadi, Pemdes Lubuk Penyamun tak bisa membangun fasilitas danau itu sendiri. Dibutuhkan Pemerintah Daerah untuk pengembangannya lebih lanjut.

“Memang dalam Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, Pemdes berhak mengelola sumber daya yang ada di desa, tapi dana yang dikucurkan ke desa tak akan cukup, apa lagi masih banyak yang prioritas lain perlu dibenahi juga,” terangnya.

Hingga saat ini, sambungnya, wilayah danau bekas tambang pasir itu masih dimiliki sejumlah warga.

“Pemilik lahan itu diantaranya Supriadi, Helmi, Ujang, Kartubi, Yunus, Angkus, H. Rufi, Raswan, Akup. Pak Ujang dan Kartubi mengaku siap memberikan lahan bekas tambangnya ke warga,” terangnya.(pid/**)

Publikasi BKD Kepahiang Bayar PBB



One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.