Penuhi Bahan Pokok ASN dan Pensiunan, Pemkab Kepahiang Teken MoU dengan Bulog

Oktober 17, 2019
Berita Utama Ekonomi 0   251 views 0
MoU Pemkab Kepahiang Bulog

MoU antara Pemkab Kepahiang dengan Perum Bulog Divre Rejang Lebong (Foto: Istimewa/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Perum Bulog Kanwil Bengkulu dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melakukan penandatanganan kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk kerjasama penyaluran bahan pokok kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan ASN Pemkab Kepahiang. MoU ini digelar di aula Bappeda Kabupaten Kepahiang, Kamis (17/10/2019).

Kerjasama pemenuhan bahan pokok ASN ini adalah kali pertama yang dilakukan Bulog dengan pemerintah daerah  di Indonesia.

Regional CEO Perum Bulog Kanwil Bengkulu, H. Defrizal didampingi General Manager Perum Bulog Kancab Rejang Lebong, Muhammad Ade Saputra menuturkan, kerjasama itu merupakan bentuk sinergitas yang dilakukan Perum Bulog dengan Pemkab Kepahiang dalam penyediaan bahan pokok, khususnya beras.

“Nanti eksekusinya dilakukan oleh Perum Bulog Rejang Lebong melalui Koperasi Korpri Kepahiang,” ungkap Defrizal usai acara penandatanganan MoU.

Defrizal berujar, Pemkab Kepahiang akan mendapat banyak manfaat melalui kerjasama ini, antara lain adalah kemudahan bagi ASN mendapat kebutuhan pokoknya.

“Kalau sudah berjalan nanti, para pegawai dan pensiunan tidak perlu lagi memikirkan beli beras ke pasar, karena beras sudah akan disediakan Bulog melalui Korpri. Kualitas berasnya pun beras premium, dengan harga yang lebih murah dibanding di pasaran,” terangnya.

Ia juga menuturkan, para petani lokal juga diberi peluang untuk menjual hasil panennya ke Bulog dengan harga beli Bulog yang bersaing.

Bulog dan Pemkab

Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid, MM, IPU dan Kakanwil Bulog Provinsi Bengkulu memperlihatkan dokumen MoU (Foto: Istimewa/PROGRES.ID)

“Untuk memenuhi kebutuhan beras para ASN ini, kami juga memberi peluang bagi petani lokal menjual hasil panen mereka yang berkualitas baik ke kami (Bulog). Harganya yang kami bayarkan pun tentu bersaing,” tuturnya.

Defrizal menjelaskan, usai MoU dengan Pemkab Kepahiang, maka akan ditindaklanjuti dengan MoU bersama Korpi Kabupaten Kepahiang.

“Nantinya setelah MoU ini, kita lanjutkan MoU dengan Korpri Kabupaten Kepahiang. Jumlah PNS Kepahiang kan banyak, ada 5 ribuan, ditambah lagi pensiunan mungkin ada 10 ribuan. Kita masih lakukan pendataan, siapa saja yang bisa mrnerima manfaat ini,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid mengatakan, MoU tersebut memang sebaiknya cepat direalisasikan agar ASN segera mendapat manfaatnya.

“Program ini sangat baik, makanya kita dorong Korpri untuk segera menindaklanjuti ini segera setelah MoU ini. Korpri kita kan sudah punya koperasi, koperasi itu bisa memanfaatkan kerjasama dengan Bulog ini dalam pemenuhan kebutuhan beras pegawai,” kata Bupati Hidayat.(koe)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.