Bengkulu Potensi Radikalisme Tertinggi di Indonesia, Pemdes Harus Terapkan Lagi Pendatang Wajib Lapor

Juni 1, 2018
Featured Hukum 0   245 views 0
Dialog Kebangsaan

Kasat Intelkam Polres Kepahiang AKP Fakhrul Ikhwan saat menyampaikan materi dialog | Foto: Amin/PROGRES KEPAHIANG

PROGRESKEPAHIANG.com – Berdasarkan survey Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Provinsi Bengkulu adalah daerah yang tak terduga memiliki potensi radikalisme tertinggi di Indonesia. Potensi radikalisme di Provinsi Bengkulu mencapai 58,58 Persen. Ini dikemukakan Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan (Intelkam) Polres Kepahiang AKP Fakhrul Ikhwan saat menjadi pembicara dalam Dialog Kebangsaan Mencegah Terorisme dan Deradikalisasi di Kabupaten Kepahiang, Jumat (01/06/2018) di aula Kantor Kemenag Kepahiang.

“Bengkulu yang kelihatannya aman-aman saja ternyata memiliki potensi radikalisme tertinggi dari 32 Provinsi di Indonesia,” ungkap Fakhrul pada acara yang diselenggarakan Gerakan Pemuda Ansor Kepahiang tersebut.

Ia menambahkan, di bawah provinsi Bengkulu ada Provinsi Gorontalo dengan potensi 58,48 Persen, disusul Sulawesi Selatan 58,42 Persen, Lampung 58,38 Persen dan Kalimantan Utara 58,30 Persen.

“Potensi tersebut bisa kita cegah bersama. Caranya, ya jangan cuek dengan lingkungan. Kalau ada tetangga baru, kita harus tahu, siapa, dari mana, pekerjaannya apa. Apa lagi Pemerintah Desa (Pemdes), RT, RW, Lurah harus tahu,” terang Fakhrul.

Ia menyarankan agar Pemdes dan Lurah termasuk Ketua RT dan RW dapat menghidupkan lagi tamu wajib lapor dalam 1X24 jam.

“Kami pernah tes salah satu Kades, ternyata tidak seperti dulu. Kami tanya ada warga baru,dia ngaku tidak tahu. Ini jangan sampai terjadi, Pemerintah Desa wajib hidupkan lagi tamu wajib lapor dalam 1X24 jam,” sarannya.

Ia mengatakan, dengan Pemdes dan masyarakat yang proaktif menjaga keamanan lingkungan, maka potensi itu bisa ditekan.

“Jika ada yang mencurigakan, konsultasikan ke warga lain atau Kades. Bisa juga lapor ke Kami(Polres Kepahiang). Soal salah atau benar kecurigaan kita itu, tak masalah yang penting kita ikut proaktif menjaga keamanan,” jelasnya.(pid)



Promosi BKD kepahiang
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.