Realisasikan Program Desa Terang, Kopja Ganti: Program Ini Tak Bebani APBD

Desember 18, 2018
Featured Sosial 0   325 views 0
Kopja
Kopja Ganti saat menemui Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM dan istri di kediaman dinasnya (Foto: Ist/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Koperasi Jasa Gerakan Nelayan Tani (Kopja Ganti) akan memasang listrik gratis untuk 4.000 rumah dan 1.500 lampu jalan di Kabupaten Kepahiang. Program ini bernama “Desa Terang” Pemasangan dilakukan secara gratis tanpa membebani Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepahiang. Karena pendanaan seluruh disediakan pihak penyelenggara program Desa Terang yang digagas Kopja Ganti.

Koordinator Nasional (Kornas) Program Desa Terang, Sri Sutarti menjelaskan program “Desa Terang” bertujuan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, yakni agar seluruh warga agar bisa mendapatkan penerangan listrik meskipun bagi mereka yang kurang mampu membayar listrik.

“Ini namanya program desa terang, ada dua jenis bantuan yang kita salurkan pertama 1.500 penerangan jalan umum (PJU) dan 4.000 rumah untuk Solar Home System (SHS) akan dipasang di Kabupaten Kepahiang secara gratis,” ujar Sri.

Ia menjelaskan, setelah dipasang oleh pihak konsorsium yakni Kopja Ganti, maka seluruh sarana yang terpasang akan dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang agar bisa melaksanakan perawatan sehingga manfaat bagi masyarakat dapat dirasakan secara berkelanjutan.

“Program Desa Terang ini pendanaan berasal dari CSR gabungan BUMN. Pelaksanaan dilakukan konsersium kepada kita Kopja Ganti,” tuturnya.

Lauching penyaluran PJU dan SHS di Kabupaten Kepahiang akan berlangsung Kamis (20/12) di Desa Sumber Sari Kecamatan Kabawetan. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pembangunan Desa Tertinggal (KPDT) Eko Putro Sandjojo dan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dipastikan hadir langsung ke Desa Sumber Sari untuk menyalurkan program desa terang.

“Rencananya tiga menteri sudah konfirmasi hadir, acara akan berlangsung di Desa Sumber Sari Kecamatan Kabawetan. Selain menteri hadir juga Kepala Deaerah dari berbagai daerah,” ungkap Sri.

Selain itu, banyak investor-investor nasional yang akan datang langsung dalam acara penyaluran program desa terang. Sehingga bisa menjadi momentum daerah untuk mengenal potensis lokal. “Ini program didanai oleh CSR BUMN tentu banyak pengusahan dan investor yang datang langsung. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi daerah,” tuturnya.

Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid menyambut antusias rencana           kedatangan tiga menteri kabinet kerja. Ia berharap jajaran OPD dapat memanfaatkan kesempatan langka tersebut unutk mengenalkan potensi daerah sehingga bisa diminati pengusahaan untuk menjalankan investasi di Kabupaten Kepahiang.

“Alhamdullah kita dapat program ini, sangat baik dan membantu masyarakat. Kita bekerja untuk rakyat jadi program seperti ini yang kita butuhkan,” ungkap Hidayat.(rls/pid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.