Satgas Sebut Klaster Pesta Nikah Kian Perparah Kasus Covid-19 di Kepahiang

November 17, 2020
Berita Utama 0   576 views 0

Perkembangan covidKEPAHIANG, PROGRES.ID – Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepahiang menyebut, klaster pesta pernikahan kian memperparah penyebaran Covid-19. Ini karena protokol kesehatan (prokes) di acara-acara pesta atau resepsi pernikahan tidak diterapkan maksimal.

“Pesta pernikahan kurang banyaknya,” ucap Tajri menyindir dengan majas ironi, Selasa (17/11/2020).

Menurut Tajri, saat ini Kabupaten Kepahiang kembali dikepung zona merah. Hanya Kecamatan Tebat Karai dan Seberang Musi saja yang berstatus zona kuning.

“Saat ini Kepahiang sudah dikepung zona merah. Sangat berpotensi semua Kecamatan jadi zona merah jika prokes tidak diterapkan dengan baik di resepsi-resepsi pernikahan,” terang Tajri.

Menurutnya, hampir semua pesta pernikahan yang digelar akhir-akhir ini hanya menerapkan prokes sebagai formalitas. Misalnya, menggunakan masker, tapi tetap berjabat tangan. Menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun, namun tidak digunakan.

“Jaga jarak tidak diterapkan di acara-acara pesta, sehingga potensi pertambahan kasus akan terus memungkinkan,” tukasnya.

Tajri Fauzan

Kadinkes Kepahiang H. Tajri Fauzan, S.KM, M.Kes saat memberikan penjelasan terkait DBD dan Covid-19 kepada jurnalis di ruang kerjanya (Foto: Amin/PROGRES.ID)

Untuk diketahui, sejak tanggal 14 November, setiap harinya ada satu penambahan kasus Covid-19. “Tangal 14 ada penambahan satu kasus, tangal 15 ada satu kasus lagi, tanggal 16 juga bertambah satu kasus dan hari ini (Selasa, 17/11/2020) tidak ada penambahan,” terang Tajri.(pid)

tata cara pencoblosan



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.