Sebelum Mutasi Pegawai, 69 ASN Jalani Uji Kompetensi, Bupati Pastikan Tak Bawa Pejabat Luar Daerah

April 6, 2021
Berita Utama Birokrasi 0   357 views 0
jobfit assesment

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM saat membuka Uji Kompetensi Pejabat (Foto: Julian/Diskominfo/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid memastikan tidak akan membawa pejabat dari luar Kabupaten Kepahiang untuk mengisi jabatan di Pemkab Kepahiang. Untuk itu ia menilai perlu menggelar uji kompetensi (Jobfit Assessment) sebelum adanya rotasi dan mutasi jabatan.

“Saya tidak mau impor pejabat dari luar daerah untuk ikut uji kompetensi ini. Oleh karena itu kita (Pemkab Kepahiang) menyiapkan pejabat-pejabat yang memiliki SDM yang cukup dengan mengirimkan ke berbagai pendidikan dan pelatihan. Ini juga selaras dengan visi Kabupaten Kepahiang yang maju, mandiri, sejahtera dan berdaya saing,” ungkap Bupati Hidayat saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Uji Kompetensi (Jobfit Assessment) Jabatan Tinggi Pimpinan Pratama dan Jabatan Administrator yang digelar BKD-PSDM di Aula Dikbud Kepahiang, Selasa (07/04/2021).

Para peserta saat mengikuti uji kompetensi pejabat di aula Dinas Dikbud (Foto: Koko/PROGRES.ID)

Menurut Hidayat, uji kompetensi ini bisa menjadi bahan pemetaan kemampuan ASN di Kabupaten Kepahiang.

“Sebelum melakukan mutasi, rotasi, demosi dan promosi kita akan berkoordinasi juga dengan Komisi ASN. Hasil uji kompetensi ini juga akan menjadi bahan pertimbangan,” ujarnya pada acara yang juga dihadiri Ketua DPRD Windra Purnawan dan Sekda Zamzami Zubir ini.

Bupati Hidayat juga menuturkan, uji kompetensi bertujuan untuk melihat kemampuan pejabat admininistrator yang meliputi kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan sosiokultural.

“Salah satu gunanya adalah bahan Pejabat Pembina Kepegawaian mendapatkan nilai objektif dalam menentukan rotasi, mutasi, promosi dan demosi pegawai di lingkungan Pemkab Kepahiang,” pungkasnya.

Untuk diketahui, uji kompetensi ini digelar selama 3 hari, mulai 6 April hingga 8 April 2021. Terdapat 69 ASN Pemkab Kepahiang yang mengikuti jobfit assesment ini. Pemkab Kepahiang menggandeng Tim Asesor dari UGM Yogyakarta untuk memastikan uji kompetensi ini berkualitas.(rilis/koe)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.