Setda dan 19 OPD Pemkab Kepahiang Teken MoU Bidang Datun dengan Kejari

Mei 11, 2018
Featured Hukum 1   118 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Sekretariat Daerah (Setda) dan 19 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Kepahiang melakukan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejari Kepahiang bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), Jumat (11/05/2018) di Kantor Kejari Kepahiang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Kepahiang Zamzami Zubir SE MM mengucap syukur karena mayoritas OPD yang ada di Pemkab Kepahiang telah menjalin kerjasama bidang Datun.

“Alhamdullilah kerjasama sebelumnya dengan pihak Kejari telah mulai berjalan dengan baik. MoU yang dilakukan ini mulai dari perencanaan hingga tahap evaluasi akhir kegiatan,” ungkap Zamami saat menyampaikan sambutan.

Setidaknya ado 20 OPD yang menandatangani MoU tersebut, yakni Sekretariat DPRD (Setwan), Bappeda, BKDPSDM, BPBD, Satpol PP, Dispertan, Diskominfo Santik, Dinas Arsip Perpusda,  RSUD, Kesbangpol, Unit Layanan Pengadaan (ULP), Setda (9 bagian ) serta 8 kecamatan se-Kabupaten Kepahiang.

“Kami berharap kawan-kawan OPD jangan segan-segan untuk selalu berkoordinasi dengan Kejari agar pelaksanaan pembangunan berjalan dengan baik. Jangan nanti bila sudah bermasalah baru melakukan koordinasi. Oleh karenanya alangkah baiknya bila koordinasi dilakukan dari mulai tahap awal setiap kegiatan, karena dari segi hukum kita menyadari kekurangan kita,” saran Zamzami.

Menurut Zamzami, OPD harus lebih sigap bertanya kepada TP4D agar tidak terjadi kesalahan pada kegiatan.

“Saya minta OPD jangan segan-segan rajin-rajinlah bertanya agar pelaksanaan pembangunan lebih baik,” sambung Zamzami.

Sementara itu, Kajari Kepahiang H. Lalu Syaifudin, MH menerangkan  jika MoU Kejari dengan  setiap OPD tidak dijadikan alasan untuk melawan hukum.

“Jangan sampai OPD jadi seenaknya, jangan dijadikan alasan perbuatan melawan hukum. Kerugian negara bukan ranah MoU ini dan MoU ini jangan dijadikan alasan pemaaf bila hal itu terjadi. Namun MoU ini adalah ranahnya di bidang administrasi,” terang H. Lalu.(koe)



Promosi BKD kepahiang
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *