Soal Perombakan Ketua Gugus Tugas Covid-19, Bupati: Akan Kita Sesuaikan

April 1, 2020
Berita Utama Birokrasi 0   463 views 0
Bupati Kepahiang

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid MM, IPU saat memberi keterang pers usai melepas mobil penyemprot disinfektan (Foto: Ist/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid mengatakan akan menyesuaikan susunan Gugus Tugas Covid-19 Kepahiang sesuai Surat Edaran Mendagri Nomor 440/2622/SJ tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Dalam poin pertama SE itu, Mendagri meminta Gubernur dan Bupati/Walikota menjadi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Daerah dan tidak dapat didelegasikan kepada pejabat lain di daerah.

“Ya, akan kita sesuaikan,” tulis Bupati Hidayat saat dikonfirmasi via WhatsApp, Rabu (01/04/2020).

Sebelumnya, anggota DPRD Kepahiang Franco Escobar mengingatkan agar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepahiang diketuai oleh bupati.

“Sesuai SE Mendagri Nomor 440/2622/SJ, Gugus Tugas Covid-19 diketuai oleh kepala daerah, dalam hal ini di Kepahiang tentunya bupati. Kalau saat ini kan, Gugus Tugas dipimpin Sekda,” kata Franco.

Franco dan Direktur RSUD Hulman Erikson

Direktur RSUD Kepahiang dr. Hulman Erikson saat menunjukkan ruang pemeriksaan khusus bagi pasien OTG, ODP dan PDP Covid-19 kepada anggota DPRD Franco Escobar, S.Kom (Foto: Amin/PROGRES.ID)

Menurut Franco, SE itu dinilai tepat karena kebijakan tertinggi di daerah ada pada kepala daerah. Sehingga, jika terjadi sesuatu yang dinilai krusial, Ketua Gugus Tugas Covid-19 yang merupakan bupati dapat cepat mengambil sikap.

“Tentu ini menyoal kebijakan atau soal anggaran, yang wewenangnya ada pada bupati, maka pada poin pertama Surat Edaran itu meminta bupati sebagai ketua gugus tugas, buka pejabat lain,” tutur politisi PKS ini.(pid)

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.