Sosialisasikan Antihoaks, Plt Kadis Dikbud Apresiasi PWI Kepahiang

Oktober 6, 2018
Featured Pendidikan 0   786 views 0

PROGRES.ID, KEPAHIANG – Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepahiang Hartono mengapresiasi program Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kepahiang yang telah menyosialisasikan kegiatan sosialisasi antihoaks kepada para pelajar Kabupaten Kepahiang, Jumat (05/10/2018).

Menurutnya, sosialisasi itu penting bagi gnerasi milenial yang saat ini mudah terpengaruh dan ikut menyebarkan berita bohong atau (hoax).

“Saya mengapresiasi PWI Kepahiang yang telah proaktif menggelar acara seperti ini, karena ini penting dan pelejar kita memang perlu pemahaman tentang berita yang baik dan tidak menimbulkan efek negatif,” ujar Hartono saat menyampaikan sambutan pada acara sosialisasi tersebut.

Menruut Hartono, menangkal hoaks memang perlu dilakukan secara dini agar pelajar yang mayoritas pengguna media sosial tidak terjebak dalam hoaks.

“Hoaks ini sangat berbahaya dan bisa memecah belah. Hadirnya PWI menyuarakan antihoaks sangat kita tunggu, saya berharap kegiatan ini mampu mengubah pola pikir pelajar kita agar tidak mudah percaya dengan berita-berita yang masuk ke media sosial mereka,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Kepala SMA Negeri 1 Kepahiang Andri Heryanto. Ia menjelaskan, hoaks yang biasanya bersifat bombastis dengan judul-judul yang menarik selalu mudah tersebar.

“Biasanya ada kata-kata ajakan, perintah untuk membagikan atau memviralkan. Itu harus diteliti dulu kebenarannya, nanti narasumber dari PWI yang akan merincikan lebih jauh,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua PWI Kabupaten Kepahiang Heru Pramana Putra menegaskan agar generasi milenial tidak mudah terpengaruh dengan berita hoaks.

“Cari tahu kebenarannya dulu sebelum membagikan informasi yang masuk ke smartphone kita, jangan asal membagikan tanpa mengetahui sumbernya dengan benar,” ujar Heru.

Untuk diketahui, sosialisasi antihoaks ini diselenggarakan di SMAN 1 Kepahiang pada Jumat (05/10/2018). Sosialisasi ini dibuka Plt Kadis Dikbud Hartono dan dihadiri lebih dari 100 pelajar tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Kabupaten Kepahiang.

Narasumber dalam sosialisasi ini adalah pengurus PWI Kepahiang, yakni Rahman Jasin (Potret Bengkulu) dan Hendika Andesta (Radar Kepahiang).(pid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.