Tanggapi Raperda Inisiatif Dewan, Bupati Minta Raperda Tak Atur AD/ART Ormas Kepemudaan

Maret 16, 2021
Berita Utama Birokrasi 0   186 views 0
Bupati Hidayat

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid MM menyampaikan pendapatnya terkait Raperda Inisiatif DPRD (Foto: Humas DPRD/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – DPRD Kabupaten Kepahiang menggelar sidang paripurna dengan agenda mendengarkan pendapat Bupati Kepahiang  Hidayatullah Sjahid terkait Raperda prakarsa (Inisiatif) DPRD, Senin (15/03/2021) di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Kepahiang.

Pada kesempatan itu Bupati Hidayat menyarankan agar Raperda tentang kepemudaan tidak banyak mengatur tentang Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi kepemudaan.

“Misalnya terkait pembentukan organisasi, AD/ART tidak perlu kita atur secara kongkret dalam Raperda kepemudaan ini. Pemerintah Daerah sebaiknya lebih mengedepankan peran pemberdayaan dan pengawasan,” ungkap Bupati Hidayat membacakan sambutan tertulisnya.

Menurutnya, Raperda tentang kepemudaan yang memuat 90 pasal tersebut tetap harus dicermati dengan matang sebelum disahkan menjadi Perda.

“Raperda yang memuat 90 pasal dan tentunya mengandung norma-norma hukum ini perlu dipertimbangkan lagi hal-hal yang perlu diatur atau tidak,” imbuhnya.

Bupati juga menanggapi dua Raperda inisiatif DPRD lainnya, yakni Raperda tentang pengelolaan pasar rakyat dan juga Raperda tentang pengendalian minuman tuak (minuman tradisional beralkohol) dan produk yang mengandung zat adiktif. Bupati pun menyepakati tiga Raperda ini dibahas lebih lanjut.

“Tiga Raperda atas usul prakarsa DPRD ini setuju untuk dibahas pada tingkat selanjutnya, dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat Kabupaten Kepahiang dan kebutuhan hukum Pemkab Kepahiang,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Kepahiang, Windra Purnawan yang juga memimpin sidang paripurna menegaskan, pendpaat bupati tersebut selanjutkan akan ditanggapi lagi oleh Fraksi-Fraksi DPRD pekan depan.

“Pendapat Bupati terhadap Raperda atas usul prakarsa DPRD ini akan ditanggapi Fraksi-Fraksi DPRD dalam rapat paripurna yang telah dijadwalkan pada hari Senin tanggal 22 Maret 2021,” ujar Windra.(rls/red)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.