Terhambat Regulasi Ini, Bupati Hidayat Jelaskan Tak Bisa Operasikan Terminal Merigi

Oktober 24, 2019
Berita Utama Birokrasi Hukum 0   307 views 0
Bupati Hidayat

Bupati Hidayattullah Sjahid menyampaikan jawaban terhadap pandangan fraksi-fraksi DPRD Kepahiang (Foto: Dok. DPRD Kepahiang/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid menegaskan, Terminal Merigi tidak dapat dikelola oleh Pemkab Kepahiang. Pasalnya, terminal tersebut diperuntukkan untuk angkutan umum yang melayani penumpang antar kabupaten, sehingga menjadi wewenang Pemprov Bengkulu.

“Sesuai regulasi terminal tipe B antarkota bukan dikelola Pemerintah Kabupaten tapi Pemerintah Provinsi, ini sesuai UU 23/2018 dan PP 18 Tahun 2016, dengan demikian terminal yang bisa dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Kepahiang adalah tipe C, yaitu angkutan desa dan angkutan kota,” terang Hidayat saat menjawab pandangan  fraksi-fraksi DPRD Kepahiang pada sidang paripurna, Rabu (23/10/2019).

Hidayat juga menjelaskan, Terminal Merigi terletak di jalan nasional serta mengangkut penumpang dari Kepahiang dan Rejang Lebong, sehingga kondisi tersebut tidak memenuhi kriteria terminal tipe C yang bisa dikelola Pemkab.

Bupati dan Ketua DPRD

Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM, IPU menyerahkan dokumen jawaban terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kepahiang dalam sidang paripurna (Foto: Humas DPRD/PROGRES.ID)

“Dalam aturan harus berada di jalan kabupaten, sedangkan terminal Merigi terletak di pinggir jalan nasional, terminal Merigi juga menampung kedatangan dan pergi dari Kepahiang dan Rejang Lebong, itu artinya bukan termasuk kategori terminal antardesa atau dalam kota, sehingga kewenangan mengelolanya ada pada Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu,” jelas Hidayat.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.