Usai Diusulkan, Pemdes Tetap Harus Terus Kawal Rencana Pembangunan

Februari 17, 2020
Berita Utama Birokrasi 0   263 views 0
Ketua DPRD Windra sambutan

Ketua DPRD Kepahiang Windra Purnawan, SP menyampaikan sambutan pada Musrebangcam Bermani Ilir (Foto: Humas DPRD/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Ketua DPRD Kabupaten Kepahiang, Windra Purnawan mengingatkan Pemerintah Desa (Pemdes) untuk terus mengawal rencana pembangunan yang telah diusulkan saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), dari tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten.

Menurutnya, komukasi yang intensif antara Pemdes, eksekutif dan legislatif akan membuat aspirasi itu direspon dengan baik. Ini diungkapkan Windra saat menghadiri Musrenbangcam RKPD tingkat Kecamatan Bermani Ilir di aula Kantor Camat Bermani Ilir, Senin (17/02/2020).

“Terkait pembangunan, sedapat mungkin antara Pemerintah Desa dengan Pemerintah Kabupaten Kepahiang dan DPRD terus melakukan komunikasi yang intensif. Sehingga aspirasi masyarakat bisa ditindaklanjuti dengan baik. Melalui Musrenbang ini dapat kita rangkum semua kebutuhan masyarakat, tentunya tetap mengedepan skala prioritas karena berhubungan dengan ketersedian anggaran,” sampai Windra.

Peserta Musrenbangcam

Peserta Musrenbangcam Bermani Ilir mengajukan usulan (Foto: Humas DPRD/PROGRES.ID)

Windra menuturkan, APBD Kabupaten Kepahiang saat ini berjumlah lebih kurang 800 Miliar. 50 Persen dari APBD itu adalah belanja pegawai, termasuk kades dan perangkat desa.

“Belum lagi beberapa waktu lalu terbit PP 11 Tahun 2019 tentang penyesuaian besaran penghasilan perangkat desa, sehingga harus kembali kita sesuaikan. Kami di DPRD mendukung permintaan Kades dan Perangkat Desa ini tentu dengan pertimbangan kades dan perangkatnya adalah ujung tombak pelayanan dasar masyarakat di desa, tetapi kembali lagi kita harus memperhitungkan kembali ketersediaan anggaran yang kita miliki, untuk tahun 2021 fokus pembangunan Kabupaten Kepahiang tetap pada peningkatan infrastruktur dan peningkatan SDM yang muara akhirnya tetap pada peningkatan taraf perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Windra.(rls/pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.