Usai Tarawih di Masjid Agung, Pria Ini Lihat 3 Orang Bawa Motornya, Begini Akhirnya

April 19, 2021
Berita Utama Hukum 0   2.8K views 0
curanmor

Konferensi pers terkait penangkapan 4 orang terduga spesialis curanmor di parkir masjid (Foto: Ist/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Warga Desa Taba Tebelet Kecamatan Kepahiang Iwil Fitri Nuldi (41 Tahun) melapor ke Mapolres Kepahiang karena sepeda motornya nyarisnya dibawa pencuri. Saat itu Iwil mengetahuinya saat baru keluar dari Masjid Baitul Hikmah Kepahiang, usai melaksanakan ibadah Salat Tarawih.

Kapolres Kepahiang AKBP Suparman melalui Kabag Ops AKP Dedi Kusnadi didampingi Kasat Reskrim Iptu Welliwanto Malau menjelaskan, laporan Iwil tercatat di Polres Kepahiang dengan Nomor LP/B-389/IV/2021/BKL/KEPAHIANG, tanggal 18 April 2021.

“Jadi, awalnya itu si korban ini Salat Tarawih di Masjid Agung sekira jam 21.00 hari Sabtu (18/04/2021).  Dia ke masjid itu pakai motor, mereknya Suzuki Spin. Motor itu diparkir di samping masjid. Waktu si korban ini salat, datang 3 orang terduga pelaku, mereka berinisial MK (20 Tahun), AD (14 Tahun), LM (16 Tahun). Si MK membawa paksa motor korban dengan terlebih dahulu merusak kunci dengan kunci T. Sementara si AD dan LM memantau lokasi parkir” jelas Dedi Kusnadi.

Dedi melanjutkan, sepeda motor itu kemudian didorong hingga menuju ke jalan raya.  Saat bersamaan, korban selesai menjalankan ibadah solat tarawih dan keluar dari masjid. Lalu ia melihat sepeda motornya dibawa 3 pelaku. Si korban langsung berteriak ‘maling’. Karena kaget, 3 orang itu melarikan diri dan sepeda motor korban ditinggalkan begitu saja di pinggir jalan,” terang Dedi.

Selanjutnya, Dedi menerangkan, Tim Elang Jupi Sat Reskrim Polres Kepahiang kemudian berhasil mengetahui keberadaan 3 orang pelaku tersebut. Pada Minggu (18/4/2021) sekira pukul 07.00 WIB para pelaku ini berhasil diciduk di Desa Karang Anyar Kecamatan Kepahiang. Salah satunya harus menerima tembakan petugas karena berupaya kabur dan melawan petugas. Tiga orang ini diketahui merupakan warga Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Salah seorang tersangka berusaha melawan petugas dengan senjata tajam. Sehingga anggota kami terpaksa mengambil tindakan tegas dan terukur, dengan menembak kaki bagian kanan tersangka. Para tersangka saat ini sudah diamankan di Mapolres,” jelas Dedi.

Tangkap 1 Tersangka Lagi

Empat tersangka curanmor di parkir masjid (Foto: Ist/PROGRES.ID)

Berdasarkan pengembangan yang dilakukan Tim Elang Juvi, akhirnya polisi berhasil menangkap seorang tersangka lagi. Dia adalah AH. Juga warga Empat Lawang, Sumsel.

Dedi menuturkan, empat orang ini merupakan spesialis curanmor yang mengincar parkiran masjid di Kepahiang. AH bahkan sudah melakukan pencurian di tiga masjid di Kepahiang.

“Pertama di masjid Istiqomah Kelurahan Padang Lekat, kedua di Masjid Jamik Pasar Tengah Kelurahan Pasar Kepahiang,  ketiga di Masjid Al-Huda Kelurahan Dusun Kepahiang. Aksi keempat di Masjid Agung Baitul Hikmah ini adalah komplotannya,” ujar Dedi.

AH, sambung Dedi, sebelumnya ditangkap setelah adanya Laporan Polisi Nomor LP/B-390/IV/2021/BKL/KEPAHIANG, tanggal 18 April 2021 dengan pelapor atas nama Alimin (56 Tahun) warga Kelurahan Padang Lekat Kecamatan Kepahiang. Alimin melaporkan sepeda motornya hilang saat ia sedang salat di Masjid Istiqomah Kelurahan Padang Lekat.

“Berdasarkan keterangan ketiga tersangka, kami analisa dan ada kecocokan. Sehingga kami akhirnya bisa menangkap AH di kediamannya di ecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang. AH juga terpaksa ditembak karena juga berusaha melawan petugas,” ungkap Dedi.(koe) 

Banner BKD Kepahiang



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.