Layanan BI Fast BCA Error, Begini Penjelasan Pihak Bank!

Progres Kepahiang
mybca
Dok. BCA

KEPAHIANG.PROGRES.ID – Layanan BI-Fast BCA kembali error dan tidak bisa digunakan pada aplikasi MyBCA maupun BCA Mobile. Layanan tersebut sudah tiga hari terakhir memunculkan pesan dalam masa pemeliharaan.

Progres.id mencoba menggunakan layanan BI-Fast melalui aplikasi MyBCA pada pukul 10.45 WIB tanggal 29 Februari 2024, namun tetap mengalami kegagalan dan muncul pesan layanan sedang dalam masa pemeliharaan.

Tim Progres.id kemudian mencoba melakukan transfer layanan BI Fast dengan aplikasi bank lain, yakni Bank Jago dan DigiBank by DBS. Ternyata, tidak ada kendala dan transfer berjalan lancar.

Direktur Transaction Banking Business Development & Marketing BCA, Santoso menuturkan adanya ketidakstabilan dalam layanan BI-Fast dalam beberapa hari terakhir.

Meskipun demikian, Santoso memastikan bahwa kondisi tersebut bukan disebabkan oleh BCA, melainkan oleh keseluruhan ekosistem BI-Fast yang juga bergantung pada bank lainnya.

“Sejauh ini kami tidak mendeteksi masalah dari BCA, tapi gangguan juga berasal dari luar, baik dari Bank Indonesia (BI) maupun rekening tujuan,” ujarnya pada Rabu (28/2/2024) seperti dinukil Progres.id dari KONTAN.

Santoso juga menyadari bahwa masalah ini dapat terjadi karena hari tersebut merupakan tanggal penerimaan gaji bagi sebagian besar orang. Kemungkinan besar, beban transaksi yang tinggi mengakibatkan ketidakstabilan dalam layanan BI-Fast.

Meskipun layanan BI-Fast saat ini belum stabil, Santoso berjanji untuk terus mendorong pengembangan layanan ini agar menjadi lebih baik di masa depan. Dia juga melihat adanya semangat yang sama dari BI terkait hal ini.

“Dengan adanya masalah ini, kami akan terus berupaya meningkatkan layanan BI-Fast. Kami percaya bahwa BI juga memiliki tekad yang sama untuk memperbaiki situasi ini,” tambahnya.