MotoGP India 2023, Membongkar Sejarah Sirkuit Internasional Buddh di Uttar Pradesh India

Sirkuit Internasional Buddh di Uttar Pradesh /istimewa
Sirkuit Internasional Buddh di Uttar Pradesh /istimewa

Riwayat Sirkuit Internasional Buddh ini sendiri sangat mengesankan. Dibangun dengan biaya sekitar US$ 400 juta atau sekitar Rp 6 triliun, pembangunan lintasan ini menghabiskan lima kali lebih banyak uang dibandingkan pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Proyek pembangunan Sirkuit Internasional Buddh sudah digaungkan sejak tahun 2007, tetapi pembangunan fisiknya baru dimulai pada tahun 2009 dan selesai dua tahun kemudian. Lintasan yang terletak di area green sport center ini memiliki panjang sekitar 5,14 kilometer dan dapat menampung hingga 120 ribu penonton.

Salah satu daya tarik utama Sirkuit Internasional Buddh adalah tikungan miringnya yang dianggap berbahaya bagi para pembalap. Namun, bagi sebagian pihak, tantangan ini justru memberikan pengalaman balapan yang lebih mendalam.

Lintasan ini dirancang oleh Herman Tilke, seorang insinyur ternama asal Jerman yang juga telah merancang beberapa sirkuit terkenal lainnya, termasuk Sirkuit Sachsenring, Catalunya, Aragon, Sepang, dan yang terbaru, Jeddah. Meskipun mendapat beberapa kritik terkait dengan desain lintasannya, Tilke tetap dianggap sebagai arsitek terkemuka dan telah menerima penghargaan dari federasi balap dunia.

Sebelum menjadi tuan rumah MotoGP, Buddh International Circuit pernah menjadi tempat ajang Formula 1 selama tiga musim berturut-turut, dari tahun 2011 hingga 2013, dengan penonton yang memadati tribun pada waktu itu.

Lewis Hamilton, pembalap terkenal Formula 1, pernah memuji Sirkuit Internasional Buddh sebagai trek yang unik dan modern, meskipun India bukan negara maju. Menurutnya, lintasan ini memberikan pengalaman balapan yang berbeda dibandingkan dengan lintasan lainnya.

Dorna, sebagai promotor MotoGP, telah memastikan bahwa Sirkuit Internasional Buddh telah siap untuk menyelenggarakan balapan. Mereka telah membersihkan aspal dan meningkatkan tingkat keamanan sirkuit. Loris Capirossi, Safety Manager Dorna, mengatakan bahwa lintasan ini telah memenuhi berbagai permintaan perubahan dan keselamatan telah ditingkatkan. Dia juga menambahkan bahwa lintasan ini memiliki desain yang indah dengan tikungan-tikungan yang luar biasa.


Exit mobile version