Saat Sidak, Komisi I DPRD Kepahiang Temukan Keterbatasan Sarana UNBK

April 26, 2018
Pendidikan Politik 1   131 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Komisi I DPRD Kepahiang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di 2 sekolah yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Kamis (26/4/2018). Dua sekolah yang ditinjau yakni SMPN 1 Kepahiang dan SMPN 02 Kabawetan.

Pada Sidak dipimpin langsung Ketua Komisi I DPRD Kepahiang Nurrahman Putra, Wakil Ketua Komisi I Edwar Samsi dan Anggota Komisi Rica Dennis ini, Komisi I mendapati penyelenggara UNK terpaksa meminjam peralatan komputer agar pelaksanakan UNBK dapat berjalan sukses.

“Kita akan panggil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terkait persiapan Ujian Nasional tahun berikutnya. Sebab kita lihat sekolah yang melaksanakan UNBK masih belum melengkapi komputer, sehingga mereka terpaksa meminjam. Jadi Pemerintah Daerah harus memperhatikan kebutuhan ini,” tegas Nurrahman saat memantau pelaksanaan UNBK dihari terakhir tersebut.

Kepala SMPN I Kepahiang, Sapuandi menerangkan bahwa ada 225 orang siswa yang menjadi peserta Ujian Nasional tahun ini. Sementara komputer yang tersedia di sekolah hanya 75 unit saja. 50 unit diantaranya terpaksa meminjam ke SMPN lain yang tidak melaksanakan UNBK.

“Kalau tahun 2019 mendatang tidak bisa lagi meminjam komputer, karena sekolah-sekolah lain sudah melaksanakan UNBK juga. Untuk kebutuhan tahun ini saja kita terpaksa meminjam 50 unit komputer, jadi memang tahun 2019 itu berharap sudah tersedia komputer,” jelas Sapuandi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 02 Kabawetan H. M. Syahril mengatakan bahwa pada tahun ini sekolahnya belum mampu melaksanakan UNBK. Ini karena belum tersedianya sarana komputer. Tercatat ada sebanyak 95 orang peserta Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) yang mengikuti ujian di sekolah ini.

“Untuk bisa melaksanakan UNBK itu paling tidak sarana komputer yang tersedia itu 30% dari total jumlah siswa, sedangkan di SMPN 2 Kabawetan ini sama sekali belum ada komputer untuk UNBK,” jelas Syahril.(koe)



One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.