Salah Satu Peran PKK, Edukasi Orang Tua Tak Beri Gawai ke Balita

Oktober 31, 2019
Humaniora Pendidikan 0   329 views 0
Bupati Hidayat

Bupati Kepahiang Dr. Ir Hidayattullah Sjahid, MM IPU menyampaikan sambutan pada acara hari gerak TP PKK (Foto: Dinas Kominfo/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid menuturkan, salah satu program Tim Penggerak PKK adalah memberikan edukasi hidup sehat dan cerdas pada keluarga. Pada masa modern seperti saat ini, ada kecenderungan di keluarga semuanya menggunakan gawai (gadget), bahkan diberikan kepada anak-anak dibawah lima tahun (Balita).

“Di sinilah peran kader PKK untuk menyosialisasikan penggunaan gadget atau handphone. Bagaimana caranya agar anak dibawah 5 tahun jangan dulu diberikan gadget dan pengawasan penggunaannya agar tidak disalahgunakan,” pesan Bupati Hidayat saat menyampaikan sambutan pada acara peringatan Hari Kesatuan Gerak TP-PKK Ke-47 di Kabupaten Kepahiang di halaman kantor Bupati Kepahiang, Kamis (31/10/2019).

Bupati Hidayat juga mengharapkan peran aktif kader PKK dalam kepedulian lingkungan hidup. Kader PKK harus memiliki keterampilan dalam mengelola sampah menjadi bahan kerajinan yang bernilai ekonomis.

“Selain aktualisasi dibidang pembinaan keluarga tadi. Saya berharap kader PKK juga harus memiliki keterampilan dalam hal pengelolaan limbah plastik agar menjadi barang keterampilan yang bernilai ekonomis. Inilah bentuk aktualisasi program PKK dalam bidang kepedulian lingkungan,” tambah Bupati.

Ia juga berpesan kepada kepala organisasi perangkat daerah agar dapat membantu menyukseskan program PKK di Kabupaten Kepahiang.

“Peran aktif kepala OPD juga diharapkan dalam mensukseskan 10 program PKK ini. Sesuaikan dengan OPDnya, contohnya jika Dinas Pertanian bantulah PKK dalam membuat kebun PKK begitu juga OPD yang lainnya. Sehingga program PKK ini dapat berjalan dengan sukses,” tutupnya pada acara yang juga dihadiri Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati, FKPD Kabupaten Kepahiang, Kepala OPD se-Kabupaten Kepahiang, organisasi-organisasi wanita, serta kader PKK se-Kabupaten Kepahiang.

Tim Penggerak PKK

Ketua TP PKK Kepahiang Efie Hidayat berfoto bersama dengan penerima penghargaan (Foto: Dinas Kominfo/PROGRES.ID)

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Kepahiang Ny. Efie Hidayattullah berpesan kepada seluruh kader PKK di Kabupaten Kepahiang agar dapat meningkatkan fungsi kinerja grakan PKK dengan bakti dan karya nyata, serta bekerja tanpa pamrih.

“Tingkatkan juga daya kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK agar selarah dengan garis kebijakan program Pemerintah,” pungkasnya.(rls/pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.