Dikunjungi Keluarga Anang-Ashanty, Festival Umung Kutei Kian Meriah

Progres Kepahiang
Bupati resmikan Umung Kutei
Bupati Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU meresmikan Festival Umbung Kutei dengan memotong tebu (Foto: Diskominfo/PROGRES.ID)
Bupati resmikan Umung Kutei
Bupati Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU meresmikan Festival Umbung Kutei dengan memotong tebu (Foto: Diskominfo/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Pemkab Kepahiang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang menggelar Festival Umung Kutei. Festival yang digelar di halaman Rumah Adat Kepahiang pada Kamis (17/11/2022) ini kian meriah karena dikunjungi oleh keluarga selebriti papan atas Anang-Ashanty. Untuk diketahui, Ashanty memang telah didapuk sebagai Duta Sosbudparekraf Provinsi Bengkulu.

Ashanty saat di umbung kutei
Ashanty saat melihat-lihat jajanan tradisional di Festival Umbung Kutei (Foto: Ist/PROGRES.ID)

Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid menuturkan, tajuk Umbung Kutei memiliki makna berkumpulnya segenap orang-orang Marga Merigi dan Marga Bermani Ilir atas dasar pertalian kehendak, cita-cita yang sama dan semangat gotong royong untuk mewujudkan sebuah hajatan budaya yang penuh dengan kegembiraan dan akan selalu dikenang.

Anang dan bupati
Anang Hermansyah dan Bupati Hidayattullah berfoto bersama ibu-ibu pedagang di Festival Umbung Kutei (Foto: Diskominfo/PROGRES.ID)

“Kegiatan ini merupakan dalam rangka melestarikan nilai-nilai adat budaya terutama dari suku rejang yang merupakan suku mayoritas di Kepahiang. Umung kutei juga memiliki nilai nilai persatuan dari marga dalam Suku Rejang yaitu Marga Bermani dan Marga Merigi,” ungkap Bupati Hidayat.

Pada festival ini, lanjut Bupati, juga menyajikan segala macam budaya yang ada di Kabupaten Kepahiang serta pameran kuliner tradisional Kabupaten Kepahiang.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan cinta budaya dikalangan masyarakat kabupaten Kepahiang,” harap Bupati.

Pada bagian lain, Bupati Hidayat juga berharap dengan kedatangan Ashanty dan keluarga dapat memperkenalkan budaya serta wisata Kabupaten Kepahiang ke tingkat nasional.

“Kita hari ini kedatangan tamu istimewa yaitu Ashanty yang merupakan keturunan Bengkulu juga. Kita berharap dengan kehadiran Ashanty dan Anang dapat memperkenalkan budaya dan wisata Kabupaten Kepahiang. Oleh karena itu juga saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya di Kabupaten Kepahiang tercinta ini,” pungkas Bupati.

Kedatangan Ashanty dan rombongan sebelumnya disambut secara adat oleh penari dari sanggar, Ashanty juga menerima sekapur sirih sebagai tanda siap memasuki lokasi acara. Selanjutnya Ashanty menikmati suguhan tari-tarian salah satunya tari piring dari desa Limbur Baru. Ashanty juga berkesempatan meninjau dan mencicipi kuliner khas Kabupaten Kepahiang yang ada di stand-stand UMKM.

Selanjutnya, Ashanty beserta rombongan berkunjung ke pabrik teh PT. Sarana Mandiri Mukti untuk melihat pabrik peninggalan Belanda yang masih beroperasi.

(rls)

sukseskan anbk smp



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.