Ditemukan Tahun 2018, Balar Mulai Ekskavasi Situs Kubur di Suro Muncar

Juni 2, 2021
Berita Utama Seni & Budaya 0   304 views 0

Arkeolog Balar Sumatra Selatan didampingi Penggiat Budaya Kemdikbud saat meninjau lokasi penemuan diduga situs purbakala dan meminta penjelasan pemilik lahan, sekaligus penemu benda kubur di Desa Suro Muncar Kecamatan Ujan Mas (Foto: Dok. Penggiat Budaya/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Tim Balai Arkeologi (Balar) Sumatra Selatan segera melakukan ekskavasi (penggalian benda purbakala) situs kubur yang pernah ditemukan di Desa Suro Muncar Kecamatan Ujan Mas. Sebelum melakukan ekskavasi, Tim Balar berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepahiang dan mengunjungi lokasi penemuan benda purbakala.

“Tadi dari Balar melalui arkeolog Bu Kristantina Indriastuti dan Pak Armadi koordinasi dulu ke Dinas Dikbud. Kemudian kita melihat langsung ke lokasi penemuan situs kubur di Desa Suro Muncar,” ungkap Penggiat Budaya Kemdikbud Provinsi Bengkulu, Watini, Rabu (02/06/2021).

tm balai arkeologi

Arkeolog Balar dan Penggiat Budaya Kemdikbud berfoto bersama Kadis Dikbud Kepahiang Dr. Hartono, M.Pd usai melakukan koordinasi terkait rencana ekskavasi situs kubur di Desa Suro Muncar (Foto: Dok. Penggiat Budaya Kemdikbud/PROGRES.ID)

Menurut Wati, saat arkeolog menemui pemilik lahan sawah tempat ditemukannya benda purbakala, Ramli (70 Tahun) dan keluarga menyambut antusias.

“Pak Ramli yang punya lahan menyambut antusias dan mendukung rencana ekskavasi ini. Ini awal yang baik demi kelancaran ekskavasi mendatang,” imbuh pemilik nama panggung Dewa Syofiani ini.

Ia berujar, ekskavasi rencananya akan dilakukan mulai tanggal 17 Juli hingga 6 Agustus 2021.

“Rencananya ekskavasi akan mulai dilakukan pertengahan bulan depan, yakni 17 Juli sampai 6 Agustus. Semoga saja tidak ada halangan da proses ekskavasi bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, penemuan benda-benda purbakala ini ditemukan Ramli saat ia sedag menyangkul lahan sawah miliknya pada tahun 2018. Ia menemukan benda-benda yang diduga peninggalan zaman purba. Benda-benda itu terdiri dari tempayan kubur dan sejumlah benda lainnnya yang terbuat dari batu.(koe)

Banner BKD Kepahiang



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.