Gelar Festival Qasidah Perdana, Bupati: Ini Bagian dari Pembangunan Mental

April 2, 2018
Seni & Budaya 0   86 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Tim Penggerak PKK dan Pemkab Kepahiang menggelar Festival Qasidah se-Kabupaten Kepahiang memperebutkan piala bergilir Bupati Kepahiang tahun 2018. Festival ini diikuti oleh 5 grup dalam satu kecamatan. Satu grup terdiri dari 8 hingga 9 orang.

Kegiatan festival ini digelar selama 2 hari, mulai tanggal 2 hingga 3 April 2018 bdi Lapangan Santoso Kepahiang.

Bupati Kepahiang Hidayattulah Sjahid dalam sambutannya menjelaskan, bahwa pembangunan yang dilakukan di Kaupaten Kepahiang tidak hanya infrastruktur saja, melainkan juga pembangunan mental dan spiritual.

“Pembangunan tak hanya infrastruktur saja, tapi juga pembangunan mental. Seperti halnya lomba qasidah ini, ini salah satu bagian dari upaya pemerintah membangun mental dan spiritual, dan insya Allah akan kita lakukan tiap tahun,” kata Hidayat pada acara yang juga dihadiri Sekda, pejabat Kemenag para camat serta ibu-ibu PKK Kabupaten Kepahiang.

Hidayat juga mengatakan, fetival tersebut juga diharapkan menjadi wadah silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat.

“Kita berharap Kepahiang dapat menampilkan juara festival ini di ajang festival dan lomba qasidah yang lebih tinggi,” lanjut Hidayat.

Sementara itu Ketua TP PKK Kepahiang, Efie Hidayat menjelaskan, dalam festival ini tak hanya memperebutkan piala bergilir bupati, namun juga diberikan piala tetap untuk juara 1 sampai harapan ke 3 serta uang pembinaan dan piagam penghargaan.

“Ada 4 kategori yang dinilai oleh dewan juri dalam festival ini. Yakni kualitas vokal, balance atau keseimbangan vokal dan musik. Kemudin harmonisasi, ada keselarasan penyanyi solo, terakhir yaitu penampilan secara keseluruhan mulai kostum hingga gerak badan yang selaras dengan lagu. Saya minta agar para peserta dapat menampilkan penampilan yang maksimal,” jelas Efie.(koe)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.