Melihat Permainan Gasing Kayu, Permainan Tradisional yang Sudah Langka

Agustus 5, 2019
Berita Utama Seni & Budaya 0   349 views 0
Bupati melihat gasing

Bupati Kepahiang Dr. Ir Hidayattullah Sjahid, MM beserta rombongan menyempatkan melihat warga dan anak-anak memainkan permainan tradisional gasing kayu (Foto: Dok. Pemdes Batu Ampar/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Selepas acara penyerahan sertipikat program PTSL di Mesjid Al Fatah Desa Batu Ampar Kecamatan Merigi, Senin (05/08/2019), Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid dan rombongan menyempatkan diri melihat warga setempat memainkan permainan tradisional, yaitu permainan gasing kayu.

Permainan yang sudah sangat jarang dimainkan oleh anak-anak masa kini tersebut, memang sedang digaungkan lagi di Desa Batu Ampar.

Bupati Hidayat tampak menikmati pemandangan tersebut. Begitu pula pejabat lainnya yang mengakui jika permainan itu sudah langka atau sudah jarang sekali terlihat.

Kepala Desa Batu Ampar, Harwan Iskandar berujar, permainan tradisional tersebut menyehatkan badan ketimbang anak-anak lebih banyak bermain gawai (gadget).

“Memang tak bisa dihindari lagi, gadget sudah jadi bagian dari kehidupan zaman sekarang, tetapi bukan berarti kita harus menghilangkan permainan masa lampau yang sebetulnya menyehatkan badan,” ujar Harwan.

Harwan menuturkan, permainan gasing juga mampu mengumpulkan warga atau anak-anak yang sama-sama bermain gasing. Tidak individual seperti bermain gawai.

“Kalau ramai-ramai, main gasing lebih seru. Nambah silaturahmi juga, karena permainan ini tidak hanya bagi anak-anak, orang dewasa juga banyak yang gemar bermain gasing ini,” jelasnya.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.