Wow! Ternyata Fosil yang Ditemukan di Sawah Suro Muncar Salah Satunya Diduga Graham Gajah Purba

April 20, 2018
Featured Seni & Budaya 0   790 views 0

Arkeolog Balar Palembang saat meneliti benda purbakala yang ditemukan warga Desa Suro Muncar | Foto: Dok. Pegiat Budaya/PROGRES KEPAHIANG

PROGRESKEPAHIANG.com – Arkeolog Balai Arkeologi (Balar) Palembang Kristanti Natan menduga salah satu fosil yang ditemukan di sawah warga di Desa Suro Muncar Kecamatan Ujan Mas merupakan gigi graham gajah purba.

Kristanti dan asistennya didampingi Dinas Dikbud Kepahiang dan Pegiat Budaya mulai melakukan penelitian benda-benda purba tersebut mulai Jumat (20/04/2018). Tim Balar memperkirakan fosil graham gajah tersebut berusia 16 Ribu tahun. Namun, tim belum dapat memperkirakan ukuran tinggi dan besar gajah.

“Umur fosil diperkirakan 16 Ribu tahun lalu. Untuk ukuran gajahnya belum bisa dipastikan karena di lokasi ini masih terdapat fosil serupa yang belum digali. Yang jelas fosil ini mirip dengan penemuan fosil di Pagar Alam baru-baru ini,” ungkap Kristanti, Jumat (20/04/2018) yang juga didampingi .

Foto bersama

Arkeolog Balar berfoto bersama dengan penemu benda purbakala, Tim Dikbud dan Pegiat Budaya | Foto: Dok. Pegiat Budaya/PROGRES KEPAHIANG

Sementara itu, untuk fosil gerabah yang juga ditemukan bersamaan dengan gigi graham gajah tersebut diperkirakan berasal dari zaman Mesolitikum atau sekitar abad 14.

Areal persawahan itu diduga dulunya adalah kawasan pemakaman yang juga merupakan areal pemukiman warga.

“Diperkirakan lokasi ini dulunya tempat pemukiman sekaligus pemakaman. Ini dibuktikan dengan banyaknya temuan pecahan keramik di lokasi yang berasal dari berbagai dinasti,” terangnya.

 

Baca Juga:

Balar mengagendakan melakukan penelitian khusus pada lokasi dan objek tersebut tahun depan. Selain Balar Palembang, BPCB Jambi akan melakukan penelitian awal .

Saat ini lokasi tempat ditemukan benda purbakala tersebut sudah disterilisasi oleh warga sekitar agar situs yang mengandung nilai sejarah tinggi itu dapat terjaga.(koe)



Promosi BKD kepahiang
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *