Dinilai Mampu, Dinsos Prov Bengkulu Batalkan 464 JKN KIS-PBI di Kepahiang

Februari 25, 2017
Sosial 0   100 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Dinas Sosial Provinsi Bengkulu membatalkan 8.010 BPJS Kesehatan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Provinsi Bengkulu. Jumlah itu sudah termasuk 464 lembar KIS di Kabupaten Kepahiang.

Pembatasan KIS PBI itu setelah tim Dinsos Provinsi Bengkulu melakukan verifikasi faktual dan didapati para penerima tersebut merupakan orang yang dinilai cukup mampu.

“Ada 8.010 warga penerima KIS di Provinsi Bengkulu yang kita coret. Alasannya, karena setelah dilakukan verifikasi di lapangan, mereka ternyata termasuk orang mampu, sehingga kami nilai mereka tidak tepat mendapatkan

kartu tersebut,” ungkap Plt Sekda Provinsi Bengkulu, Sudoto, Jumat (24/2/2017) seperti dikutip dari BeritaSatu.com.

Gub Ridwan mukti

Gubernur Ridwan Mukti didampingi Plt Sekda Sudoto dan Kepala OPD Provinsi berfoto bersama dengan pengurus Golkar Kepahiang saat berkunjung ke perkebunan teh Kabawetan | Foto: Dok. PROGRES KEPAHIANG

Total penerima KIS-PBI dari dana APBD Provinsi Bengkulu ebanyak 671.402 jiwa. Setelah dilakukan verifikasi faktual menjadi 663.392 jiwa.

Menurut Sudoto, verifikasi penerima KIS dilakukan untuk efisiensi sekaligus merealisasikan penerima KIS-PBI harus sesuai dengan penerimanya. Tak hanya itu, verifikasi juga dilakukan untuk mengurangi data angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu yang mencapai 17,3 Persen.

“Jumlah penerima KIS Penerima Bantuan Iuran dinilai sebagai salah satu indikator penduduk miskin. Jika penerimanya banyak, artinya memang warga miskin banyak, setelah diverifikasi secara faktual ternyata tak sebanyak itu,” tandasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.