Dinsos Bagikan 16 Paket Alat Bantu Penyandang Disabilitas

September 28, 2017
Sosial 0   106 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Dinas Sosial dan Pemerintahan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kepahiang membagikan 16 paket alat bantu untuk penyandang cacat tubuh. Bantuan berupa 7 kursi roda, 3 alat bantu dengar 4 tongkat cacat kaki dan 2 tongkat tuna netra. Alat bantu itu diserahkan Kabid Sosial, Sujarno Dwi Santoso, SIP, Kamis, (28/9/2017).

“Sebelumnya kita mengusulkan 21 kursi roda, 11 tongkat cacat kaki, 4 alat bantu dengar dan 3 tongkat buta. Tapi, yang diberikan Dinas Sosial Provinsi Bengkulu baru 16 paket dan langsung kita serahkan kepada para penyandang cacat,’’ kata Sujarno.

Salah satu penyandang cacat tubuh, Romi Anugrah (17 Tahun), asal Desa Meranti Jaya, Ujan Mas, Kepahiang, tampak senang menerima bantuan kursi roda.

“Selama ini saya tidak mampu membelikan Romi kursi roda. Alhamdullillah, hari ini kita mendapatkan bantuandari Dinas Sosial. Makanya, Romi sangat senang,’’ ujar Erningsih, (40 Tahun), ibu Romi dengan mata berbinar mendampingi anak sulungnya yang mengalami cacat tubuh sebagi bayi.

Menurut Erningsih, awalnya, Romi lahir dalam konsisi normal. Saat Romi berusia 2 bulan, suhu tubuh Romi mendadak tinggi. Setelah menderita demam panas, tubuh Romi langsung berubah lemas. “Sampai kini, seluruh kebutuhan Romi harus dilayani. Mulai dari mandi, ganti pakaian, hingga makan dan buang air,” kata Erningsih.

Diakui Erningsih, sejak bayi Romi memang tidak pernah diberikan vaksin. Termasuk vaksin polio.

Penderita cacat tubuh lainnya yang menerima bantuan tongkat adalah, Kania (7), warga Kelurahan Dusun Kepahiang. Gadis kecil yang menderita cacat kaki kanan itu tampa senang menerima tongkat yang dapat membantunya berdiri. (rjs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.