Tanya Sertifikat Lahan, Transmigran Asal Jakarta Temui Wabup Kepahiang

Mei 8, 2017
Birokrasi Sosial 0   481 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Transmigran asal DKI Jakarta menemui Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati pada Senin (8/5/2017). Kedatangan 8 transmigran yang menetap di Desa Muara Langkap itu untuk menanyakan sertifikat lahan yang mereka tinggal sejak beberapa tahun terakhir ini.

Salah seorang transmigran, M Rohibin mengaku sudah menunggu selama 7 tahun dan belum kunjung ada sertifikat.

“Kita sudah dari 2010 tinggal di sini (Kepahiang), tapi selama itu pula belum ada sertifikat lahan yang kami garap. Dulu pemerintah janji akan melengkapi dengan sertifikat,” ungkap Rohibin.

Menurut Rohibin, dengan tidak adanya sertifikat lahan, ia dan puluhan transmigran lain kesulitan mencari dana dan khawatir lahan yang mereka garap diklaim orang lain.

“Kalau ada sertifikat kan enak kita mau minjam dana ke bank, kemudian kalau kondisinya kayak gini bisa saja lahan yang kita tinggali dan kita garap ini diserobot orang,” keluhnya.

Transmigrasi

Rumah transmigrasi dari program TSM di Desa Muara Langkap, Kecamatan Bermani Ilir

Sementara itu Wabup Kepahiang Netti Herawati mengatakan akan memanggil Dinas Sosial dan PMD untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut.

“Saya harap para transmigran bisa bersabar, karena akan kita tanya dulu ke Dinas Sosial PMD yang merupakan tupoksi mereka. Saya kurang tahu betul masalah ini, tapi saya dengar sertifikatnya sudah diterbitkan BPN,” kata Netti.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.