Bayu Widiyatmoko, Sosok Tangguh di Balik Informasi Polres Kepahiang

Januari 3, 2019
Featured Sosok 0   1.6K views 0
Aipda Bayu

Aipda Bayu saat mendengarkan arahan dari Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak S.IK (Foto: Dok. Polres Kepahiang/PROGRES KEPAHIANG

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Mungkin Anda pernah membaca berita tentang polisi Kepahiang yang dermawan, atau tentang polisi yang hobi mengajar di sekolah. Atau mungkin Anda biasa melihat poster digital yang disebarkan dengan tujuan mengklarifikasi suatu informasi yang sedang heboh dan ternyata adalah hoaks.

Ternyata, di balik semua tulisan dan desain poster itu, ada sosok tangguh bernama Aipda Bayu Widiyatmoko. Dia adalah satu-satunya anggota Polres Kepahiang yang bertugas sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Bayu harus berjibaku dengan kamera, smartphone dan komputer untuk menunjang aktivitasnya mempublikasikan kegiatan Polres Kepahiang. Itu mengapa ia dinilai tangguh, karena harus mengolah informasi seputar Polres Kepahiang seorang diri.

Kepada Progres Kepahiang, pria 39 Tahun ini menceritakan bahwa ia mengawali kariernya di Kepolisian dengan mengikuti Pendidikan Secaba PK Polri Angkatan 1999/2000 SPN Banyubiru dan lulus pada tahun 2000. Ia dilantik sebagai anggota Polri dengan pangkat pertama Serda dan dipercaya bertugas di Polda Bengkulu, lalu pindah bertugas di Polres Rejang Lebong

Ia juga pernah bertugas di Polda Aceh selama 1 Tahun dalam rangka Operasi Cinta Meunasah I pada Tahun 2001
dalam rangka pemulihan keamanan di Nangroe Aceh Darussalam. Usai bertugas di Aceh, Bayu bertugas di Sat Reserse Polres Rejang Lebong dan pada tahun 2006 hingga 2010 ditempatkan di Bagian Operasi Polres Rejang Lebong.

Foto bersama jurnalis

Aipda Bayu berfoto bersama dengan para jurnalis Kepahiang (Foto: Dok.Polres Kepahiang/PROGRES.ID)

Ia memulai tugasnya di Polres Kepahiang  pada tahun 2011. Saat itu ia dipercaya bertugas di Bagian Operasi. Pada tahun 2012, Bayu ditempatkan di Sub Bagian Humas. Saat itu Bagian Humas dalam tubuh Polri mulai dibentuk, dan bernama Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

“PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” ungkap Bayu.

Bayu sudah banyak mengikuti pelatihan tentang kehumasan, setidaknya ia pernah mengikuti pelatihan PPID di Mabes Polri pada 2013, mengikuti pelatihan jurnalistik di Mabes Polri pada 2016, mengikuti pelatihan Cyber dan Media Sosial di Mabes Polri pada 2017, dan pada tahun 2018 mengikuti Pelatihan Kameramen Digital di Mabes Polri.

Tak sedikit prestasi bidang Humas yang sudah ia torehkan bagi Polres Kepahiang, diantaranya peringkat 1 dalam pengelolaan Humas dan Medsos Polri sejajaran Polda Bengkulu pada Mei 2018. Kemudian, masih pada tahun yang sama ia mewakili Polda Bengkulu dan Polres Kepahiang sebagai peserta Rakernis dan Konsolidasi Humas Polri di Mabes Polri.

Ia mengakui, di  semua bidang atau Satuan di Kepolisian tentu ada suka dan duka, termasuk di Humas Polri.

“Menjadi Humas Polri khusunya Humas Polres Kepahiang dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas terutama di wilayah Kabupaten Kepahiang tentang tugas-tugas personil Polres Kepahiang, serta bisa memberitakan keberhasilan dalam pengungkapan kasus kriminal,” ujarnya.

Dengan menjadi Humas, lanjutnya, ia dapat mengabarkan kepada publik tentang tugas-tugas kemanusiaan rekan-rekan Polisi, melalui media cetak, website dan Medsos sehingga masyarakat dapat melihatnya serta pimpinan Polri dapat memantau sehingga personil yang berprestasi tersebut dapat memperoleh promosi jabatan, sekolah dan penghargaan dari pimpinan.

Ia juga berujar, meski Humas di daerah masih dipandang sebelah mata oleh internal Polri, yang berbanding terbalik di tingkat pusat yaitu Mabes Polri, namun tak menyurutkan semangatnya dalam bertugas.

“Walaupun dengan keterbatasan sarana dan prasarana dalam bertugas atau saat peliputan, saya berusaha tetap bekerja dengan maksimal untuk menyampaikan informasi teraktual di Polres Kepahiang dan jajaran. Bagi saya dan sudah menjadi semboyan saya “Apapun Tugasmu, Nikmati dan Kerjakan dengan Ikhlas dan Totalitas sebagai Ladang Ibadah,” ungkap Bayu.

Ia bahkan mengaku siap bertugas sebagai Humas hingga pensiun sebagai anggota Polri. “Meski dengan keterbatasan, saya nyaman bertugas sebagai Humas dan saya siap mendedikasikan diri saya mempublikasikan mereka yang berprestasi di Kepolisian dan menginformasikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Saat acara tatap muka Polres Kepahiang dengan insan pers 31 Desember 2018 lalu, Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak S.IK berencana menambah personil humas untuk membantu Bayu menjalankan tugas.

“Tugas Bayu ini kan banyak, tidak hanya menulis rilis berita, makanya saya berencana menambah personil Humas, supaya dia ada temannya,” ucap Pahala.(pid)

Publikasi BKD Kepahiang Bayar PBB



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.