Kepahiang Masuk 10 Besar Lomba Teknologi Tepat Guna, Bupati Doakan Menang

September 3, 2021
Posyantek Desa Taba Air Pauh

Dinas PMD Kepahiang saat mengunjungi Posyantek Desa Taba AIr Pauh milik Syaifudin (Foto: Dok. Dinas PMD/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Kabupaten Kepahiang masuk dalam 10 besar lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes PDTT.

Syaifudin, pengelola Posyantek Taptek Mandiri Desa Taba Air Pauh Kecamatan Tebat Karai berhasil mendapat apresiasi 10 besar itu dengan TTG berupa alat roasting kopi tanpa kompor.

Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid berharap Kepahiang dapat menjadi nominator lomba Inovasi TTG Nasional ini dan Kepahiang juga memberikan kontribusi positif dibidang TTG.

“Tentunya kita berharap mudah-mudahan Kabupaten Kepahiang bisa masuk nominator untuk Inovasi Teknologi Tepat Guna di tingkat nasional….. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin,” tulis Bupati Hidayat yang dikonfirmasi via WhatsApp, Kamis (02/09/2021).

Selain roasting kopi tanpa kompor, Syaifudin sebelumnya juga sudah memproduksi wastafel cuci tangan pintar, alat pengering biji-bijian, pemarut ubi atau kelapa dan bean heater (pemanas biji-bijian).

Untuk diketahui, gelar lomba TTG Nasional XXII tahun 2021 ini akan dilaksanakan di Jakarta secara daring (online) mulai tanggal 7 hingga 9 September 2021. Rangkaian kegiatan akan dimulai dengan seleksi lomba inovasi TTG , lomba kelembagaan Posyantek Desa Berprestasi dan Lomba Teknologi Unggulan serta Lomba Pencapaian dan Target SDG’s Desa tingkat nasional.

Pemenang lomba akan dimumkan pada pembukaan gelar TTG Nasional XXII yang direncanakan terselenggara pada 20 September 2021. Pemenang lomba, juara 1, 2 dan 3 akan diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan berupa dana pembinaan, tropi dan piagam dari Menteri Desa PDTT.(adv/red)

Jaga Cagar Budaya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.