Dukung Wisata Kabawetan, Pengusaha Muda Ini Dorong Sektor Swasta Ikut Andil

Oktober 19, 2020
Berita Utama Wisata 0   289 views 0
toni's home stay

Plt Bupati Kepahiang Netti Herawati, S.Sos yang didampingi Sekda dan FKPD menyerahkan surat izin Usaha Mikro Keciil kepada Kemas Ibrahim Fatoni (Foto: Julian/Diskominfo)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Pengusaha muda Kepahiang, Kemas Ibrahim Fatoni mendorong sektor swasta untuk ikut andil mengembangkan destinasi wisata Kabawetan. Menurutnya, hanya dengan mengandalkan pemerintah, maka perkembangan pariwisata akan berjalan lambat,

“Saya membangun home stay ini adalah bentuk dukungan saya terhadap program Pemkab Kepahiang yang ingin menggeliatkan wisata Kabawetan. Saya juga mendorong sektor swasta membangun home stay atau kafe-kafe agar wisata Kabawetan makin menggeliat,” ungkap pria yang akrab disapa Toni ini usai launching Toni’s Home Stay Tangsi Baru, Kabawetan, Senin (19/10/2020).

peresmian home stay

Plt Bupati Kepahiang Netti Herawati menggunting pita tanda peresmian Toni’s Home Stay Tangsi Baru (Foto: Julian/PROGRES.ID)

Menurut Toni, banyak orang yang ke Kabawetan untuk berwisata, namun karena minim fasilitas penginapan dan pusat kuliner, sehingga tak banyak wisatawan yang dapat menginap.

“Home stay yang representatif belum banyak di sini (Kabawetan). Wisatawan yang berwisata ke sini jadi cuma lewat, jarang yang mau bermalam, karena fasilitasnya pendukung tidak ada, pusat kuliner jauh. Makanya saya mendukung Pemkab Kepahiang yang mulai konsen membangun fasilitas di Kabawetan, apa lagi tahun depan akan dibangun water boom,” terang Toni.

Ton berujar, ia membangun home stay itu kaena telah melihat wisata perkebunan teh di Kota Pagar Alam Sumatra Selatan yang yang sudah maju dan punya banyak fasilitas.

“Pagar Alam itu wisata andalannya sama, perkebunan teh, tapi di sana bisa lebih maju. Karena apa? Karena di sana fasilitasnya mendukung, sektor swasta juga berkembang meramaikan wisata di sana. Makanya saya mengajak pihak-pihak swasta untuk andil. Ini juga menjadi investasi sekaligus bisnis yang menjanjikan,” pungkas Toni.

Sementara itu, Plt Bupati Kepahiang Netti Herawati menuturkan, industri home stay di Kabawetan memiliki potensi bisnis yang menjanjikan dan akan baik bagi wisata serta perekonomian di Kepahiang.

“Saya sangat bangga kepada Pak Toni yang sudah membangun home stay di area perkebunan teh ini, panorama alamnya indah. Kita juga membuka peluang sebesar-besarnya bagi pengusaha lain untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Kepahiang ini, karena ini akan menggerakkan perekonomian,” ujar  Netti.(pid)

tata cara pencoblosan



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.