Lahan Taman Pahlawan di Pagar Gunung Segera Dibebaskan Pemkab Kepahiang

Kabag
Kabag Pemerintahan Setdakab Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan, SH bersama tim sedang meninjau calon lokasi taman makam pahlawan di Desa Pagar Gunung, Jumat 20 Oktober 2017 | Foto: Rahman Jasin/PROGRES KEPAHIANG

PROGRESKEPAHIANG.com – Kabupaten Kepahiang segera memiliki taman makam pahlawan (TMP). Soalnya, calon lokasi seluas 1,3 hektare di pinggir jalan lintas Kepahiang – Curup di Desa Pagar Gunung sudah ditinjau tim Pemkab, Jumat (20/10/2017).

Peninjauan calon lokasi TMP itu dipimpin Kabag Pemerintahan Setdakab Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan, didampingi Camat Kepahiang, Amwat dan Suwarto dari Kantor Jasa Penilaian Publik (KJPP) Jakarta serta anggota DPRD Kepahiang, Edwar Samsi.

“Kita memiliki dana Rp 4 miliar untuk pembebasan beberapa lahan. Diantaranya lahan untuk taman makam pahlawan, lahan sport centre dan lahan rumah pimpinan dewan,’’ jelas Iwan Zamzam Kurniawan.

Dikatakan, khusus lokasi taman makam pahlawan di wilayah perbatasan Desa Pagar Gunung – Daspetah, Ujan Mas sangat ideal. Soalnya, lokasi taman makam pahlawan ini bukan hanya strategis karena berada di pinggir jalan lintas Kepahiang – Curup. Tapi, lokasinya juga dekat dengan pusat kota.

“Jadi, seluruh makan pejuang Kepahiang baik yang berada di Kepahiang maupun di luar Kepahiang akan kita pindahkan ke taman makam pahlawan ini,’’ jelas Iwan.

Makam pahlawan pejuang kemerdekaan RI yang berada di Kepahiang diantaranya, makam Letkol.Santoso, Kapten. Salim Batubara. Beberapa pejuang lainnya seperti Abu Hanifah, Kgs. Abdullah, Zamhari Abidin, Muryadi Prihatmo masih ditelusuri. Termasuk laskar rakyat lainnya. (rjs)


Exit mobile version