Terkendala Anggaran, Kabupaten Kepahiang Rencanakan Rekrut PPPK di Tahun 2024

Kantor Bupati Kepahiang
Kantor Bupati Kepahiang (Foto: Dok. Pemkab Kepahiang)

KEPAHIANG,PROGRES.ID– Pemerintah Kabupaten Kepahiang tengah merencanakan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (PPPK) pada tahun 2024 yang akan datang. Sebelumnya, Kabupaten Kepahiang telah diberikan kuota sebanyak 330 orang untuk PPPK Guru dan 259 orang untuk PPPK Tenaga Kesehatan, dengan total kuota keseluruhan mencapai 589 orang.

Meskipun telah diberikan kuota yang cukup besar untuk PPPK, namun pada tahun 2023 ini, belum ada kepastian mengenai perekrutan PPPK tersebut. Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid, menjelaskan bahwa hal ini disebabkan oleh ketiadaan anggaran untuk pelaksanaan perekrutan PPPK.

“Kalau untuk formasi kita sudah dapat untuk guru dan nakes. Namun kita belum punya anggaran untuk rekrutmen,” ungkap Bupati Kepahiang pada Senin (11/9/2023).

Hidayatullah melanjutkan dengan menjelaskan bahwa perekrutan PPPK di Kabupaten Kepahiang memerlukan dana yang cukup besar. Total anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan proses perekrutan PPPK di Kabupaten Kepahiang mencapai sekitar Rp 308 juta, dan anggaran tersebut telah diajukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran 2023.

“Jika anggaran perekrutan PPPK tidak termasuk dalam APBD-P tahun ini, kemungkinan akan dimasukkan dalam APBD tahun depan,” katanya.

Bupati juga menekankan bahwa dalam melakukan rekrutmen PPPK, Pemerintah Kabupaten Kepahiang harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan anggaran untuk belanja pegawai saat ini telah mencapai 44 persen dari total APBD, sedangkan seharusnya anggaran untuk belanja pegawai hanya mencapai 30 persen dari total APBD.

“Kita harus hati-hati untuk melakukan perekrutan PPPK, jangan sampai nanti belanja pegawai kita membengak, Karena kalau kita sudah menerima (PPPK, red) tentu kita ada kewajiban untuk membayar gaji PPPK,” ujar Bupati.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Hartono, mengungkapkan bahwa anggaran untuk rekrutmen PPPK memang sudah diajukan dalam APBD-P Tahun Anggaran 2023. Namun, anggaran tersebut belum dialokasikan sejak APBD Murni Tahun Anggaran 2023, karena Pemerintah Kabupaten Kepahiang belum memiliki kepastian apakah akan ada perekrutan PPPK lagi pada tahun 2023 ini atau tidak.

“Sudah kita sampaikan anggaran untuk rekrutmen di APBD-P TA 2023, kemarin kita belum mengetahui adanya rekrutmen PPPK lagi apa tidak,” demikian kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kepahiang, Hartono, mengakhiri penjelasannya.


Exit mobile version