Hukum  

Kapolres: Salah Ngomong Bahaya Loh! Bisa Konflik

PROGRESKEPAHIANG.com – Kapolres Kepahiang AKBP Iskandar ZA menegaskan bahwa masyarakat harus berhati-hati mengeluarkan pernyataan, terutama yang berkaitan dengan kerukunan antarumat beragama. Salah berbicara, menurut Iskandar, dapat timbul konflik yang berujung pada kerugian banyak hal.

“Salah ngomong bahaya loh. Kalau ngomong kita harus hati-hati, jangan asal mengeluarkan pernyataan, apa lagi isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan), bisa konflik,” kata Iskandar dalam acara Diskusi Tokoh Masyarakat Lintas Agama di Sekretariat Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB), Selasa (29/3/2016).

Jika menerima informasi, lanjutnya, sebaiknya masyarakat melakukan konfirmasi terlebih dahulu dan tak langsung memvonis apa lagi main hakim sendiri.

“Informasi yang kita terima harus dikonfirmasi, jangan ditelan mentah-mentah. Konflik banyak terjadi karena informasi yang diterima hanya setengah-setengah. Informasih yang setengah itu kalau dibumbuhi dengan hal negatif bisa memicu api lebih besar,” terangnya.(pid)


Exit mobile version