Mengintip Menu Makan Siang yang Dihidangkan Jokowi Untuk Tiga Capres

Presiden Joko Widodo makan bersama tiga capres yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024 (Foto: Setkab.go.id)

KEPAHIANG.PROGRES.ID- Presiden Joko Widodo mengundang tiga calon presiden (capres) potensial untuk Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, untuk makan siang bersama di Istana Merdeka, Jakarta, pada hari Senin (30/10/2023).

Di ruang makan Istana Merdeka, Jakarta, Jokowi duduk bersama ketiga calon presiden tersebut di sekitar meja makan bulat.

Saat jamuan makan siang dimulai sekitar pukul 12.30 WIB, Jokowi mengenakan pakaian batik putih dengan motif biru dan duduk di antara Ganjar Pranowo yang mengenakan batik merah serta Prabowo yang memakai batik coklat. Sementara itu, Anies Baswedan yang mengenakan batik coklat tua duduk berhadapan langsung dengan Jokowi.

Menu makan siang tersebut terdiri dari Nasi Putih, Soto Lamongan, Ayam Kodok, Sapi Lada Hitam, Bebek Panggang, Cumi Goreng, Udang Goreng Telur Asin, Kaylan Cah Sapi, Es Laksamana Mengamuk, dan Jus Jeruk.

Di meja makan, terlihat beragam hidangan, termasuk ayam rolade, lontong, rendang, jus jeruk, ayam kecap, dan tahu masak bacem.

Sebelum makan siang, Ganjar sempat menyapa awak media seperti dikutip dari Antara, dengan bertanya, “Udah sempat makan, nggak?” dan menambahkan saat berbincang kecil di meja makan, “Karena di kampungnya pak Prabowo di Banyumas itu makannya gak makan nasi, tapi pakai lontong, kupat,” kata Ganjar dikutip dari CNBC Indonesia.

Acara makan siang ini diadakan beberapa saat setelah Jokowi memberikan arahan kepada para kepala daerah di seluruh Indonesia di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi bahkan menawarkan sayur kepada Anies untuk disantap.

“Pak Anies, ini sayurnya ini. Kelihatannya enak,” kata Jokowi.

“Iya, Pak,” jawab Anies.

Setelah usai santap siang bersama Prabowo juga menyampaikan pada awak media, “Tadi menunya ada soto,lontong,sayur-sayuran dan cumi,” katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin didukung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud didukung oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran didukung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu berlangsung mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dengan pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.


Exit mobile version