Tingkatkan Kualitas SDM BUMDes, Balai PPMDDTT Bengkulu Gelar Pelatihan

Kepala balai ppmddtt bengkulu dadang herawan
Kepala Balai PPMDDTT Bengkulu Dadang Herawan Susanto, S.ST, MM didampingi Kepala Dinas PMD Kepahiang Iwan Zamzam K, SH menyerahkan sertifikat penghargaan pelatihan (Foto: Dok. BPMDDTT Bengkulu)

KEPAHIANG.PROGRES.ID – Balai Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PPMDDTT) Provinsi Bengkulu menggelar pelatihan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Kepahiang pada Kamis (19/10/2023).

Kepala Balai PPMDDTT Bengkulu, Dadang Herawan Susanto berujar, pelatihan serupa sebelumnya sudah dilaksanakan di sejumlah wilayah di wilayah kerja Balai PPMDDTT Bengkulu.

“Pelatihan peningkatan SDM ini sebelumnya juga kami selenggarakan di berbagai daerah yang menjadi wilayah kerja kami, yaitu Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung dan Bengkulu,” ujar Dadang.

Menurutnya, permasalahan yang dihadapi BUMDes pada umumnya, yakni keterbatasan SDM. “Permasalahan di desa terletak pada sumberdaya manusia di desa karena SDM unggul di desa biasanya justru malah pergi ke daerah lain, sehingga dampaknya pada kelemahan manajemen bumdes itu sendiri,” terangnya saat menyampaikan sambutan pada penutupan pelatihan di Balai Desa Bogor Baru, Kepahiang, Bengkulu.

Dadang Herawan meminta instansi lain dapat secara berkelanjutan melakukan pembinaan terhadap BUMDes, demi kemajuan desa.

“Kami melihat bahwa Kabupaten Kepahiang adalah salah satu kawasan yang cukup berpotensi, baik dari segi letak geografis dimana di lewati oleh jalan lintas Provinsi Sumsel dan Bengkulu, potensi pariwisata dan pertanian yang melebihi kawasan lain di Bengkulu. Hal ini tentunya menjadi pendorong dan peluang untuk dimanfaat kan sebagai celah bisnis yang akan di jalankan BUMDes di Kabupaten Kepahiang,” jelasnya.

Foto bersama usai acara pelatihan (Dok. BPPMDDTT Bengkulu)

Ia menambahkan, setelah memiliki bekal dalam pelatihan, para pelaku BUMDes diharapkan mampu merencanakan dan mengelola potensi yang ada di desa masing-masing.

“Dengan potensi yang ada, para pelaku BUMDes sendiri harus dapat merencanakan dan mengelola potensi yang secara profesional,” demikian Dadang pada acara yang juga dihadiri Kepala Dinas PMD Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan tersebut.


Exit mobile version