Bisnis  

Kalau Ada Indomaret, Maka Tidak Jauh Ada Alfamart, Fenomena Bisnis Apa Ini?

indomaret dan alfamart
Indomaret dan Alfamart, kompetitor toko ritel yang kerap berdampingan (Foto: Istimewa)

KEPAHIANG.PROGRES.ID – Setiap ada minimarket Indomaret di lingkungan tersebut, pasti ada Alfamart dan sebaliknya. Berdasarkan fenomena tersebut, sumber ide bisnis mana yang dilakukan oleh minimarket di atas? Keuntungan apa yang diperoleh dengan menggunakan sumber ide bisnis tersebut?

Fenomena keberadaan Indomaret dan Alfamart yang selalu berdekatan menunjukkan penerapan sumber ide bisnis Pemetaan Kompetitor.

Pemetaan Kompetitor adalah strategi bisnis di mana sebuah perusahaan secara aktif mengamati dan menganalisis pesaingnya. Dalam kasus Indomaret dan Alfamart, mereka tampaknya sengaja membuka gerai di lokasi yang berdekatan satu sama lain.

Keuntungan yang diperoleh dengan strategi Pemetaan Kompetitor ini antara lain:

1. Pengambilan Bagian Pasar (Market Share): Dengan berada dekat dengan kompetitor, mereka dapat menarik pelanggan yang sama dan memudahkan pelanggan untuk membandingkan produk dan harga. Hal ini dapat membantu mereka mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

2. Peningkatan Visibilitas Merek (Brand Awareness): Keberadaan dua minimarket yang berdekatan akan meningkatkan visibilitas kedua merek tersebut di mata konsumen. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran merek dan membuat konsumen lebih mungkin untuk memilih salah satu dari kedua merek tersebut.

3. Pengurangan Biaya Pemasaran: Dengan membuka gerai di lokasi yang sama, kedua minimarket dapat mengurangi biaya pemasaran karena mereka secara otomatis akan terlihat oleh pelanggan yang sama.

4. Peningkatan Efisiensi Distribusi: Dalam beberapa kasus, kedua minimarket mungkin dapat berbagi fasilitas distribusi, seperti gudang atau armada pengiriman, yang dapat membantu mengurangi biaya operasional.

5. Mendorong Inovasi: Persaingan yang ketat dapat mendorong kedua minimarket untuk terus berinovasi dalam hal produk, layanan, dan promosi agar tetap menarik bagi pelanggan.

6. Efisiensi Biaya Survei: Sebelum membuka toko baru, perusahaan harus melakukan survei terlebih dahulu. Apakah berjualan di lokasi itu bisa laku atau tidak. Jika sudah ada salah satu toko, Indomaret atau Alfamart, maka salah satunya tidak perlu survei, dan ini sangat menghemat dan bahkan tidak mengeluarkan biaya survei bagi toko yang mendirikan tak jauh dari yang sudah berdiri lebih dulu.

Namun, strategi ini juga memiliki risiko, seperti perang harga yang dapat menurunkan profitabilitas kedua minimarket. Oleh karena itu, penting bagi Indomaret dan Alfamart untuk terus berinovasi dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan agar tetap unggul dalam persaingan.

 

Sumber: https://studyx.ai/homework/100452360-setiap-ada-minimarket-indomaret-di-lingkungan-tersebut-pasti-ada-alfamart-dan-sebaliknya


Exit mobile version