Apa Itu Greenflation yang Ditanyakan Gibran ke Mahfud Saat Debat Cawapres 2024?

gibran rakabuming
Gibran Rakabumin Raka saat debat cawapres 2024 (Foto: Beritasatu.com)

KEPAHIANG.PROGRES.ID – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menanyakan kepada calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, tentang konsep inflasi hijau (greenflation) selama sesi debat cawapres di Jakarta pada Minggu (21/1/2024).

Pertanyaan yang diajukan oleh Gibran mengenai “Bagaimana cara mengatasi greenflation?” menyoroti isu ekonomi yang terkait dengan peralihan ke ekonomi hijau.

Greenflation, seperti yang diartikan oleh Kamus Cambridge, merujuk pada kenaikan harga yang timbul akibat transisi ke ekonomi ramah lingkungan.

Menurut Gernot Warner, seorang Ekonom Iklim dari Columbia Business School, greenflation dapat terjadi karena perusahaan-perusahaan harus mengeluarkan anggaran tambahan untuk melakukan transisi energi ke model yang lebih berkelanjutan. Saat ini, biaya penggunaan energi hijau masih dianggap lebih mahal dibandingkan energi fosil, yang dapat menyebabkan kenaikan harga.

Debat cawapres tersebut, yang merupakan yang keempat dari serangkaian debat kandidat Pilpres 2024, berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC). Para cawapres, termasuk Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD, berfokus pada gagasan seputar pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat dipandu oleh dua moderator perempuan, yakni Jurnalis SCTV Retno Pinasti dan Jurnalis Metro TV Zilvia Iskandar. Momen debat ini merupakan kesempatan kedua bagi para cawapres untuk saling beradu gagasan setelah sebelumnya mengikuti debat pada 22 Desember 2023.


Exit mobile version