Rusman Sudarsono Ditunjuk Jadi Ketua KPU Provinsi Bengkulu

Progres Kepahiang
Rusman Sudarsono
Ketua Bawaslu Kepahiang, Rusman Sudarsono, SE (Foto: Koko)

JAKARTA, PROGRES.ID – Mantan Ketua Bawaslu Kabupaten Kepahiang Rusman Sudarsono resmi menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Provinsi Bengkulu untuk periode 2023-2028. Penunjukan tersebut setelah pelantikan komisioner KPU Provinsi Bengkulu dan KPU Provinsi lainnyadi ruang sidang utama Gedung KPU RI pada hari Rabu, 24 Mei 2023.

Empat Komisioner KPU Provinsi Bengkulu lainnya dan sembilan belas Komisioner dari provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia turut dilantik. Pelantikan tersebut dipimpin oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, sebagai tanda pengakuan atas kualitas dan dedikasi Rusman dalam bidang pemilihan umum.

Rusman sebelumnya merupakan Ketua Bawaslu Kabupaten Kepahiang. Pada periode sebelumnya, ia juga merupakan anggota Panwaslu Kabupaten Kepahiang.

Sebelumnya, KPU RI telah mengumumkan secara resmi melalui website mereka dengan surat nomor 51/SDM.12-Pu/04/2023 pada hari Minggu, 21 Mei 2023, mengenai calon anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi yang terpilih. Di antara nama-nama tersebut terdapat lima orang Komisioner KPU Provinsi Bengkulu untuk periode 2023-2028, yaitu Alpin Samsen, Dodi Hendra Supiarso, Emex Verzoni, Rusman Sudarsono, dan Sarjan Effendi.