Buka Forum Konsultasi Publik RKPD 2024, Wabup: Agar Penyusunan RKPD Lebih Baik

Foto bersama usai pembukaan acara Forum Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Kepahiang tahun 2024 (Foto: Diskominfo/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Wakil Bupati H. Zurdi Nata mengungkapkan, Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sangat penting dilakukan. Hal ini demi penyusunan RKPD yang lebih baik dan memantapkan jalannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024.

“Tujuan dari acara konsultasi publik ini adalah untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan Kepahiang Tahun 2024. Pelaksanaan konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan penyusunan RKPD sebelum dilaksanakannya Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang RKPD Kabupaten Kepahiang,” ungkap Wabup Zurdi Nata yang membuka acara Forum Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Kepahiang Tahun 2024  di Cendana Convention Center, Kamis (2/02/2024).

Ia juga berujar, Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kepahiang, merupakan agenda tahunan dalam menjalankan Amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang RPJPD Dan RPJMD, Serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, DAN RKPD.

“Ini merupakan juga amanat dari  Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 yang tentunya akan membuat proses pembangunan berjalan sesuai aturan dan harapannya semakin baik,” imbuhnya.

Wabup juga berharap, melalui forum konsultasi publik ini mengedepankan azas efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan anggaran berdasarkan skala prioritas anggaran.

“Dengan tetap mengacu RPJMD 2021-2026 diharapkan forum ini dapat membentuk rencana kerja pemerintah daerah berdasarkan azas efisiensi anggaran dengan mengedepankan skala prioritas,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Kepahiang M. Salihin menuturkan, Pemkab Kepahiang mengundang sejumlah narasumber kompeten dari unsur pemerintahan,  stakeholder, pelaku usaha dan LSM.

“Melalui tema yang kita angkat pemberdayaan ekonomi dan kualitas SDM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kepahiang. Oleh karena itu, masukan dari seluruh masyarakat sangat kita harapkan,” tutur Salihin.(rls/ad)


Exit mobile version