DPRD Kepahiang Gelar Paripurna HUT RI Ke-78, Ketua DPRD: Harus Pacu Semangat Berbuat Lebih Baik Bagi Indonesia

Progres Kepahiang
paripurna hut ri
Sidang paripurna mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepahiang menggelar Rapat Paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Kemerdekaan RI.

Rapat paripurna yang digelar di ruang sidang utama gedung DPRD Kabupaten Kepahiang ini dihadiri Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, Wakil Bupati H. Zurdi Nata, S.IP, Forkopimda Kepahiang, Kepala OPD serta perwakilan tokoh masyarakat.

Selain itu, Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/08/2023) pagi itu didengar secara khidmat oleh Pemerintah Kabupaten Kepahiang bersama DPRD Kepahiang.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa Indonesia mempunyai peluang besar untuk meraih Indonesia Emas Tahun 2045 serta meraih posisi menjadi negara lima besar kekuatan ekonomi dunia.

“Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan. Rugi besar jika kita melewatkan kesempatan ini, karena tidak semua negara memilikinya dan belum tentu akan kembali memilikinya,” ujar Presiden.

Presiden menyebutkan, peluang besar pertama adalah bonus demografi yang akan mencapai puncak di tahun 2030-an.

“Enam puluh delapan persen adalah penduduk usia produktif. Di sinilah kunci peningkatan produktivitas nasional kita,” ujarnya.

Selanjutnya, peluang besar yang kedua adalah kepercayaan internasional atau international trust yang dimiliki Indonesia saat ini. Kepercayaan tersebut, kata Presiden, dibangun bukan sekadar melalui gimmick dan retorika semata, melainkan melalui peran dan bukti nyata keberanian Indonesia dalam bersikap.

“Momentum Presidensi Indonesia di G20, Kekuatan Indonesia di ASEAN, konsistensi Indonesia dalam menjunjung HAM, kemanusiaan, dan kesetaraan, serta kesuksesan Indonesia menghadapi krisis dunia tiga tahun terakhir ini, telah mendongkrak dan menempatkan Indonesia kembali dalam peta percaturan dunia,” kata Presiden.

Ketua DPRD Kepahiang Windra Purnawan yang sebelumnya memimpin rapat paripurna menuturkan, momen HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini harus menjadi pemacu semangat bagi Kepahiang untuk maju dan lebih baik.

“Momen ini harus menjadi pemacu semangat kita untuk berbuat lebih baik bagi Indonesia,” tutur Windra.