Rumah Dinas dan Kantor Kementan di Geledah KPK, Uang Puluhan Milliar di Amankan

Redaksi Progres
Gedung KPK (Istimewa)

KEPAHIANG,PROGRES.ID– KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) baru-baru ini telah melakukan penggeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang terletak di kawasan Jakarta Selatan. Dalam penggeledahan tersebut, sejumlah uang ditemukan oleh penyidik KPK.

Dalam siaran pers resmi KPK, di gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2023). Ali Fikri, Kabag Pemberitaan KPK, mengungkapkan, “Dari informasi yang kami peroleh ditemukan antara lain sejumlah uang rupiah dan juga dalam bentuk mata uang asing.”

Ali juga menambahkan bahwa jumlah uang yang ditemukan di rumah dinas Mentan mencapai puluhan miliar rupiah.

” Puluhan miliar yang ditemukan dalam penggeledahan dimaksud,” ujar Ali dilansir dari detik.com (29/9/2023).

Proses penggeledahan di rumah dinas Syahrul Yasin Limpo berlangsung sejak Kamis (28/9/2023) pukul 16.30 WIB hingga siang ini sekitar pukul 12.00 WIB, atau selama 20 jam. Penggeledahan tersebut dilakukan oleh tim penyidik KPK.

Selain menemukan sejumlah uang, tim penyidik juga berhasil menemukan dokumen-dokumen dan catatan keuangan di rumah dinas tersebut. Barang bukti ini saat ini sedang didalami oleh penyidik.

Ali menjelaskan, “Juga beberapa dokumen di sana seperti catatan keuangan dan pembelian beberapa aset yang bernilai ekonomis.”

Kasus korupsi yang terkait dengan Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini telah dinaikkan ke tingkat penyidikan oleh KPK. Namun, KPK belum mengumumkan secara resmi sosok tersangka yang terlibat dalam kasus tersebut.

Saat ini, tim penyidik KPK juga masih melakukan penggeledahan di Gedung A Kementan, yang diketahui dihuni oleh Menteri dan pejabat Kesekjenan  di Kementan.

“Penggeledahan masih berlangsung di Gedung A, yang dihuni oleh Menteri dan pejabat eselon Kementan,” ungkap Ali.