Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Ganti Amran Sulaiman, Ini Profil Lengkapnya!

Amran Sulaiman/setkab.go.id

KEPAHIANG.PROGRES.ID– Pada hari Rabu, 25 Oktober 2023, Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Amran Sulaiman, seorang pengusaha asal Makassar, sebagai Menteri Pertanian.

Amran Sulaiman mengambil alih jabatan ini dari Syahrul Yasin Limpo yang terjerat dalam kasus korupsi.

Amran Sulaiman bukanlah sosok yang asing dalam pemerintahan Indonesia. Sebelumnya, ia telah menjabat sebagai Menteri Pertanian pada periode pertama pemerintahan Jokowi dari tahun 2014 hingga 2019. Berikut adalah profil singkat Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Profil Amran Sulaiman

Amran Sulaiman, yang memiliki nama lengkap Andi Amran Sulaiman, lahir di Bone pada tanggal 27 April 1968. Ia adalah anak ketiga dari dua belas bersaudara dari pasangan Andi B. Sulaiman Dahlan Petta Linta dan Andi Nurhadi Petta Bau. Amran adalah keturunan dari raja Bone ke-23. Ia menikah dengan Martati dan dikaruniai empat orang anak.

Pendidikan

Amran menghabiskan sebagian besar masa pendidikannya di tanah kelahirannya, Bone, Sulawesi Selatan. Ia menempuh pendidikan di SD Inpres 10 Mappesangka, kemudian melanjutkan ke SMPN Ponre. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah pertama, Amran melanjutkan ke SMAN Lappariaja.

Setelah lulus dari SMA, Amran Sulaiman melanjutkan pendidikannya di Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar. Ia menyelesaikan pendidikan S-1 antara tahun 1988 dan 1993, lalu melanjutkan ke jenjang S-2 pada tahun 2002-2003, di mana ia meraih gelar magister. Amran kemudian melanjutkan studi S-3 pada tahun 2008-2012.


Exit mobile version