Kecelakaan Pesawat di BSD, 3 Penumpang Meninggal Dunia, Begini Kronologinya!

Progres Kepahiang
pesawat latih jatuh di bsd
Pesawat latih terjatuh di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan (Tangsel) pada Minggu (19/5/2024). (Sumber foto: Isra Triansyah/SINDOnews)

KEPAHIANG.PROGRES.ID – Sebuah pesawat latih milik Indonesia Flying Club Pondok Cabe dengan kode PK-IFP jatuh di Lapangan Sunburst Cilenggang, BSD, Kota Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu siang (19/5/2024). Kecelakaan ini mengakibatkan tiga orang penumpang meninggal dunia di lokasi kejadian.

Kronologi kejadian dimulai sekitar pukul 12.45 WIB saat hujan sedang mengguyur Kota Tangerang Selatan.

Pada pukul 13.15 WIB, pesawat PK-IFP yang sedang melintas tiba-tiba menabrak pohon, lalu badan pesawat menyentuh aspal Jalan Raya Cilenggang sebelum akhirnya menghantam sisi lapangan Sunburst. Akibatnya, pesawat hancur dan ketiga penumpang meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, menyatakan bahwa kontak terakhir dengan pesawat jenis capung tersebut terjadi pada pukul 13.43 WIB. Rute penerbangan pesawat tersebut adalah Tanjung Lesung-Pondok Cabe.

“Last contact 06.43 UTC (13.43 WIB) rute Tanjung Lesung-Pondok Cabe. Operator, Indonesia Flying Club,” ujarnya dinukil dari BeritaSatu.com.

Seorang saksi mata bernama Angga melaporkan bahwa sebelum pesawat jatuh, terdengar suara ledakan keras.

Ia awalnya mengira suara tersebut berasal dari kecelakaan kendaraan, namun setelah diperiksa, ternyata sebuah pesawat jatuh dalam keadaan hancur.

Ketiga korban telah dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk keperluan identifikasi dan penyelidikan lebih lanjut.

Pihak berwenang sedang melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan ini.